Sleman dominasi penganugerahan keterbukaan informasi publik DIY

id sri muslimatun

Sleman dominasi penganugerahan keterbukaan informasi publik DIY

Sri Muslimatun (srimuslimatun.com)



     Sleman (Antaranews Jogja) - Kabupaten Sleman tampil dominan dalam raihan penghargaan pada ajang Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2018.

     "Dalam ajang penganugerahan yang dilangsungkan di Bangsal Kepatihan Yogyakarta pada Kamis 27 September malam, dari lima kategori penilaian, Kabupaten Sleman menyapu bersih semua kategori dengan memborong delapan penghargaan," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di Sleman, Jumat.

     Sri Muslimatun mengaku bangga dengan raihan tersebut dan berharap keterbukaan informasi di Kabupaten Sleman dapat ditingkatkan lagi sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat.

     "Dengan meningkatnya keterbukaan informasi akan meningkatkan pula kesejahteraan di tengah masyarakat," katanya.

     Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Sleman selalu bersungguh-sungguh memenuhi hak masyarakat dalam keterbukaan informasi.

      "Sapu bersih dalam ajang penghargaan tersebut membuktikan komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memenuhi hak masyarakat di bidang informasi," katanya.

      Ketua Komisi Informasi DIY Hizwan Iskandar Jaya mengatakan bahwa penilaian dilakukan oleh Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) dan Universitas Aisiyah Yogyakarta.

     "Adapun indikator penilaian meliputi penyebarkan kuisioner dengan bobot nilai 15 persen pencermatan website badan publik 40 persen, visitasi 20persen, uji akses oleh para mahasiswa UNISA 15 persen, dan Presentasi oleh badan publik di hadapan tim penilai 10 persen. Total ada sebanyak 217 badan Publik yang kami nilai," katanya.

     Ia mengatakan, kategori penilaian diantaranya meliputi kategori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, kategori OPD Kab/Kota, kategori Kecamatan, kategori BUMD dan kategori Legislatif.

     "Adapun Badan Publik di Kabupaten Sleman yang berhasil meraih penghargaan diantaranya adalah PPID Pemkab Sleman sebagai peringkat 2 kategori PPID Utama, BKPP Kabupaten Sleman sebagai peringkat 1 dan Dinas Kominfo Kabupaten Sleman sebagai peringkat 4 kategori OPD Kab/Kota, Kecamatan Depok dan Kecamatan Ngemplak masing-masing sebagai peringkat 1 dan 2 kategori Kecamatan, PD BPR Bank Sleman sebagai peringkat pertama kategori BUMD dan DPRD Kab. Sleman yang meraih penghargaan Apresiasi," katanya.

Sri Muslimatun (srimuslimatun.com)

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar