Disdikpora Gunung Kidul dorong guru melakukan penelitian

id Guru,Penelitian

Guru mengajar (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong guru melakukan penelitian untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah ini.
     
"Kami mendorong agar guru terus melakukan penelitian, sehingga bisa meningkatkan kualitas diri," kata Kepala Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rasyid di Gunung Kidul, Senin.
     
Dia mengatakan pihaknya sudah memberikan bimbingan teknis kepada guru dan kepala sekolah tentang membuat penelitian. Disdikpora juga memberikan pilihan-pilihan lainnya, seperti membuat buku, membuat karya tulis ilmiah, dan juga membuat artikel di media massa.
     
"Hal iti dilakukan bimbingan teknis secara bergilir untuk pengembangan diri guru dan kepala sekolah," katanya.
     
Bahron mengatakan pengembangan diri  dengan pangkat 4D di Gunung Kidul masih sangat sedikit untuk itu pihaknya selalu mendorong guru dan kepala sekolah untuk terus melakukan pengembangan diri.
       
"Di Gunung Kidul guru yang mencapai golongan 4D sekarang kurang lebih ada 5 masih sangat sedikit," katanya.
     
Menurut dia, guru terbanyak melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam pengembangan dirinya. Dengan penelitian bisa meningkatkan pangkat. "Kalau kesulitan bisa bertanya kepada pendampingnya," katanya.
     
Kepala SMP 3 Wonosari Mulyadi mengakui adanya kendala yang dihadapi dalam penelitian. Yakni guru kurang semangat dalam melakukan penelitiaan padahal itu untuk kenaikan pangkat para guru. 
     
"Terutama pada guru-guru yang sepuh (tua), dan juga guru yang golongan 4A biasanya semangatnya kurang," katanya. 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar