Dispar DIY mengadakan Jogja Experience bertajuk "Nomadic Adventure Camp"

id Nomadic Adventure Camp,Gunung Kidul,Dispar DI

Nomadic Adventure Camp akan diselenggarakan di Gunung Kidul, DIY, dari 27 Juni sampai 30 Juni. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng Jogjakarta Land Rover Community mengadakan Jogja Experience bertajuk "Nomadic Adventure Camp" di Kabupaten Gunung Kidul pada 27 - 30 Juni 2019.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Aria Nugrahadi di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan ada dua aspek yang akan diraih dengan kegiatan ini, yakni promosi destinasi wisata khususnya Geopark dan peningkatan perekonomian masyarakat.

"Kegiatan ini iuga dalam rangka merespon program Kementerian Pariwisata tentang nomadic tourism dalam rangka menggerakkan potensi wisata daerah," kata Aria.

Ia mengatakan Jogja Experience merupakan kegiatan kedua kalinya, setelah sukses pertama kali pada 2017 di Kulon Progo dengan tema Explore The jewel of Java mengelilingi kawasan Bukit Menoreh.

Rencananya, Nomadic Adventure Camp di Gunung Kidul ini akan diikuti 150 peserta dari dalam dan luar negeri yang akan mengikuti acara ini. Peserta berasal dari Malaysia, Singapura dan berbagai daerah di Indonesia.

"Untuk pengembangan Nomadic tourism kita akan tekankan salam pengalaman, entah itu dengan alam atau bersahabat dengan alam itu sendiri. Banyak kegiatan out door yang akan kita gelar dan ini sangat cocok dilaksanakan di Gunung Kidul," katanya.

Ketua Pelaksana Jogja Experience Samuel Budi mengatakan Nomadic Adventure Camp dirasa tepat untuk mewakili semua yang ada dalam gelaran ini karena selama tiha hari peserta yang merupakan para penyuka kendaraan Land Rover dari berbagai daerah di Indonesia.

Mereka akan diajak merasakan serunya menyusuri gugusan Gunung Api Purba Nglanggeran, menuruni lembah Kali Oyo melihat bentang alam Gunung Kidul dari Embung Batara Sriten, menikmati eksotisnya pantai selatan Gunung Kidul, serta menikmati khasnya kuliner Gunung Kidul.

Peserta yang membawa keluarga terutama anak-anak akan disuguhi Caving Program di Geosite Ngingrong.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata dukungan JLRC terhadap program pemerintah khususnya Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyud mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan lama tinggal wisatawan.

"Kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang promosi destinasi wisata khususnya Gunung Kidul. Sehingga kegiatan ini juga dapat bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.
     Baca juga: Dispar Sleman menyelenggarakan kembali "Sleman Temple Run"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar