Presiden Xi Jinping janjikan kerja sama menguntungkan dengan Indonesia

id Jokowi KTT G20

Suasana pertemuan bilateral Indonesia-China dipimpin Presiden Jokowi dan Presiden Ci Jinping di sela KTT G20 di Osaka Jepang, Jumat (28/6/2019). ANTARA (Agus Salim)

Osaka (ANTARA) - Presiden China, Xi Jinping, menjanjikan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Indonesia di masa mendatang.

"Tahun depan adalah 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik China-Indonesia, kita harus maju terus saling menguntungkan, dan bersama di masa yang baru," kaya Xi, dalam pertemuan bilateral Indonesia-China di sela KTT G20 di Osaka Jepang, Jumat.

Xi menyatakan senang dapat kembali bertemu dengan Presiden Jokowi sebagai seorang sahabat. "Sekali lagi saya juga mengucapkan selamat atas kemenangan Bapak dalam Pilpres 2019," kata Xi.

Ia menyebutkan kemenangan ini menunjukan dukungan dan pengakuan dari rakyat Indonesia atas pemerintahan Jokowi selama 5 tahun terakhir.

"Dalam periode pertama pemerintahan bapak, dukungan Tiongkok kepada Indonesia terus berkembang sangat baik terutama pembangunan membawa keuntungan kepars rakyat kedua negara," katanya.

Sementara itu Presiden Jokowi menyatakan senang dapat kembali bertemu dengan Xi. "Juga terima kasih atas ucapan selamat dan surat Yang Mulia atas Pemilu di Indonesia," katanya.

Jokowi juga menyampaikan selamat kepada Pemerintah China yang telah berhasil menyelenggarakan pertemuan internasional baru-baru ini. "Selamat atas suksesnya penyelenggaraan forum itu, dan mohon maaf kami tidak bisa hadir karena sedang ada penyelenggaraan Pemilu," kata Jokowi.

Pula baca: Korsel sambut baik tinjauan ASEAN tentang Indo-Pasifik

Pula baca: Indonesia-Jepang bahas penyelesaian kerja sama ekonomi

Pula baca: Uni Eropa peringatkan soal dampak perang dagang
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar