Sleman meraih dua juara di ajang festival dalang anak dan remaja DIY

id Festival dalang anak,Dinas kebudayaan sleman,Sleman

Sleman meraih dua juara di ajang festival dalang anak dan remaja DIY

Perwakilan Sleman berhasil meraih dua juara pertama dalam Festival Dalang Anak dan Festival Dalang Remaja yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan DIY. (Foto Disbud Sleman)

Sleman (ANTARA) - Perwakilan Kabupaten Sleman berhasil meraih dua kejuaraan dalam Festival Dalang Anak dan Remaja Tingkat DIY yang diselenggarakan Sabtu (20/7) dan Minggu (21/7) di Pendopo Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Wakil Sleman Panggah Nowo Wibatsu meraih Juara I Festival Dalang Anak dan Ratnanto Adhi Putra juga meraih Juara I Festival Dalang Remaja Tingkat DIY," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Senin (22/7).

Menurut dia, perolehan prestasi ini sungguh menggembirakan dan menjadi pemacu untuk lebih baik lagi di masa mendatang.

"Perolehan kejuaraan dalam berbagai festival di tingkat DIY bukan merupakan tujuan utama namun merupakan hasil dari perjalanan dan proses panjang pelaksanaan pembinaan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sleman," katanya.

Ia mengatakan, saat ini di Sleman terdapat 20 dalang anak dan 23 dalang remaja.

"Dalam hal ini Sleman memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan pembinaan dalang anak dan remaja dengan memberikan kesempatan dan peluang dalam berbagai event budaya dan berbagai kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Sleman," katanya.

Aji mengatakan, dewan juri Festival Dalang Anak Tingkat DIY yang terdiri atas Cerma Suteja, Probo Prayitno, Budi Cahyono, Margiyono dan Sudiyono telah menentukan Panggah Nowo Wibatsu sebagai Juara I, disusul Rainnori Gandi dari Gunung Kidul sebagai Juara II, Fransisco Ivan Apriano dari Kulon Progo sebagai Juara III.

Selanjutnya Wisnu Pamungkas dari Bantul sebagai Juara Harapan I dan Dzul Fadhlil Azhim dari Kota Yogyakarta sebagai Juara Harapan II.

Sedangkan dewan juri Festival Dalang Remaja Tingkat DIY yang terdiri atas Aneng Kiswantoro, M.Sn, Udreka, M.Sn, Sri Mulyono, S.Sn, Sakiyo, SS dan Suranto menentukan Ratnanto Adhi Putra sebagai Juara I, mengungguli Rifan Candra Saputra dari Kulon Progo sebagai Juara II, Gregorius Pradana Ardyamukti dari Kota Yogyakarta sebagai Juara III, Ganesh Risanghastha Wiratsangka dari Gunung Kidul sebagai Juara Harapan I dan Prastowo dari Bantul sebagai Juara Harapan II.

Panggah Nowo Wibatsu yang meraih Juara I Festival Dalang Anak Tingkat DIY merupakan putra dari Suparno dari Dusun Ngajeg, Tirtomartani, Kalasan, dan merupakan siswa Klas IV SDN Karangnongko Tirtomartani Kalasan.

Sedangkan Ratnanto Adhi Putra merupakan putra dari Bharoto Riskantoadi dari Griya Perwita Wisata Blok AU No.11 Besi Sukoharjo Ngaglik Sleman, dan merupakan siswa Kelas XII SMKI Kasihan Bantul.
Baca juga: Puluhan anak meriahkan Festival Dalang Cilik Nasional

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024