Orang tua diminta awasi anak bermain gawai

id Hari Anak Nasional 2019,Gawai,Teknologi,Pelindungan Anak,Yohana Susana Yembise

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise dalam Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 yang diadakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019). (ANTARA/Dewanto Samodro)

Kepada orang tua di rumah, Mama Yo titip agar anak-anak jangan dibiarkan banyak bermain dengan gawai. Harus banyak membaca dan menulis.
Makassar (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise meminta orang tua mengawasi anak-anaknya saat bermain dengan gawai.

"Jangan biarkan anak terbawa oleh teknologi. Teknologi ada dampak positifnya, tetapi juga ada negatifnya," kata Yohana dalam acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Mama Yo, panggilan akrab Yohana mengatakan banyak permasalahan yang dialami anak, seperti kekerasan antarteman terjadi karena tontonan yang ada di gawai dan media sosial.

Baca juga: Sleman meraih dua juara di ajang festival dalang anak dan remaja DIY

Alih-alih menghabiskan waktu bermain gawai, Mama Yo berpesan kepada anak-anak agar lebih banyak menggunakan waktu untuk membaca buku dan menulis. "Kepada orang tua di rumah, Mama Yo titip agar anak-anak jangan dibiarkan banyak bermain dengan gawai. Harus banyak membaca dan menulis," tuturnya.

Menurut Mama Yo, anak Indonesia adalah anak yang hebat. Anak Indonesia harus terus berprestasi, rajin beribadah, hormat pada kedua orang tua, dan menyayangi sesama teman. "Manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar bisa menjadi generasi yang berkualitas dan siap menjadi sumber daya manusia yang maju demi masa depan bangsa dan negara."

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 bertema "Peran Keluarga dalam Pelindungan Anak" dengan slogan "Kita Anak Indonesia, Kita Gembira".

Selain acara puncak, rangkaian Hari Anak Nasional 2019 juga diisi dengan Forum Anak Nasional 2019 dan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak.*
Baca juga: Ribuan anak mengikuti Jambore Tanggap Bocah berantas DBD
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar