GrabExpress siap antar kebutuhan pangan masyarakat selama PSBB

id grabexpress,grab,psbb

GrabExpress siap antar kebutuhan pangan masyarakat selama PSBB

Kerja sama Grab dengan Kementerian Pertanian (HO-Grab)

Yogyakarta (ANTARA) - Grab bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan berbagai mitra usaha retail besar untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan bahan pangan sehari-hari dapat terpenuhi dengan mudah melalui GrabExpress yang siap mengantarkan ke rumah mereka selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran cirus corona atau COVID-19.

Para mitra usaha yang merupakan perusahaan penyedia daging sapi, ayam, ikan, susu, dan produk lainnya akan memanfaatkan platform digital Grab untuk memastikan inventaris mereka yang bervariasi tersedia bagi pelanggan Grab, dengan pengiriman yang menjangkau berbagai wilayah di Indonesia yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Bali, dan Sulawesi Selatan dengan layanan GrabExpress.

"Melalui naungan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian kerja sama ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan termasuk daging, ayam, ikan, susu, dan produk jadi lainnya bagi pelanggan, walaupun saat mereka tinggal di rumah," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam rilis yang diterima di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, dengan memanfaatkan layanan belanja berbasis online yang didukung oleh armada Grab yang terbesar di Indonesia, kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi, terutama menyambut hari besar keagamaan, termasuk bulan Ramadhan.

"Seluruh pihak yang terlibat akan mensinergikan segala sumber daya, sarana, dan prasarana yang dimiliki agar rantai distribusi tetap berjalan dengan lancar dengan memanfaatkan aplikasi Grab dan/atau layanan lainnya yang disediakan oleh Grab," katanya.

Dengan GrabExpress, kata dia, konsumen dapat memperoleh barang belanjaan mereka pada hari itu juga. Kementerian Pertanian akan memfasilitasi pengiriman yang lebih cepat dengan menyediakan pusat distribusi di area Kementerian Pertanian.

"Berbagai lokasi tambahan akan disiapkan oleh Kementerian Pertanian untuk masing-masing mitra usaha. Dengan menambah titik distribusi, konsumen dapat memperoleh barang belanjaan mereka dengan lebih cepat dikarenakan lokasi pusat distribusi yang lebih dekat," katanya.

Adapun skema layanan yang disediakan oleh Grab mencakup GrabExpress Nalangin, yakni konsumen di Yogyakarta dapat melakukan pemesanan melalui toko mitra usaha melalui GrabExpress Nalangin kemudian toko tersebut akan menyiapkan pesanan dan mengirimnya via GrabExpress.

Mitra pengantaran akan membayarkan biaya belanjaan terlebih dahulu kepada mitra usaha, dan pelanggan dapat langsung mengganti biaya tersebut kepada mitra pengantaran saat barang diterima.

Tersedia juga layanan GrabExpress Nalangin Car yang akan melayani pelanggan dengan armada GrabCar untuk belanjaan dalam jumlah besar.

Skema layanan lainnya adalah pemesanan via WhatssApp, yakni mitra usaha yang memiliki akun Grab For Business sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan kepada mereka lewat WhatsApp dan kemudian memilih pilihan pengiriman via GrabExpress. Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia.

Beberapa mitra swalayan yang menawarkan layanan ini antara lain Giant, Indomaret, Ranch Market, Farmer's Market, Carrefour/Transmart, dan lainnya.

"Meskipun pergerakan di berbagai kota di Indonesia telah dibatasi, Grab terus mencari berbagai cara untuk menciptakan kesempatan mendapatkan penghasilan bagi mitra pengemudi dan mitra pengantaran kami, salah satunya melalui GrabExpress, yang membantu pelanggan di 234 kota untuk berbelanja dari rumahnya," kata Ridzki.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan apresiasinya terhadap Grab Indonesia. "Saya sangat mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh Grab dalam memastikan kelancaran distribusi produk pangan hasil peternakan seperti daging sapi dan ayam, telur, susu dan olahan lainnya kepada masyarakat," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024