Organda DIY: 1.200 armada siap mendukung mudik Lebaran 2021

id Mudik,Lebaran 2021,Organda DIY,Yogyakarta

Organda DIY: 1.200 armada siap mendukung mudik Lebaran 2021

Petugas Dishub DI Yogyakarta melakukan pemeriksaan bus pariwisata saat operasi pengawasan kendaraan untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di perbatasan DI Yogyakarta - Jawa Tengah di Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (17/4/2020). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/pras/aa.

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hantoro menyebutkan sebanyak 1.200 unit moda transportasi di daerah ini telah disiapkan untuk mendukung mudik Lebaran 2021.

"1.200 moda transportasi sudah siap. Terdiri atas bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan bus pariwisata," kata Hantoro saat dihubungi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, anggota Organda DIY telah meningkatkan kesiapan menyambut Lebaran 2021 menyusul pernyataan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang menyebut tidak akan ada pelarangan perjalanan mudik Lebaran pada tahun ini.

Ia mengklaim perlengkapan protokol kesehatan meliputi thermo gun, hand sanitizer telah disiapkan seluruh pengelola armada baik AKAP maupun bus pariwisata untuk menjamin kenyamanan penumpang.

Termasuk seluruh awak angkutan, menurut dia, telah dilengkapi dengan surat sehat dari puskesmas setempat. "Karena kami juga tidak ingin ada risiko," kata dia.

Hantoro optimistis kebijakan pemerintah yang berencana tidak melarang perjalanan mudik Lebaran 2021 dapat memulihkan okupansi angkutan umum yang sejak awal pandemi cukup terpuruk. Pada periode Maret, April, Mei, dan Juni 2020 bahkan okupansi bus pariwisata di DIY menyentuh 0 persen.

"Untuk yang bus pariwisata saat ini yang bisa jalan rata-rata tidak sampai 5 persen," kata dia.

Selain bisa mendongkrak tingkat keterisian bus, ia menyebut langkah yang ditempuh pemerintah itu dapat memulihkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.

Namun demikian, Hantoro berharap pemerintah dapat menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 sebagai pengganti rapid antigen untuk skrining COVID-19. Dengan upaya itu diharapkan dapat menekan biaya perjalanan masyarakat.

"Harapan kami GeNose C19 karena yang menggunakan angkutan umum bus itu kan sebetulnya menengah ke bawah," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024