DKP Kulon Progo "restocking" benih ikan di Embung Blubuk

id restoking benih ikan,DKP Kulon Progo,Kulon Progo

DKP Kulon Progo "restocking" benih ikan di Embung Blubuk

Bupati Kulon Progo dan DKP Kulon Progo tabur benih ikan di Embung Blubuk. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan restocking benih ikan di Embung Blubuk Sendangsari, Kecamatan Pengasih dalam rangka menjaga dan mengelola perairan umum di wilayah ini.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk melestarikan sumber daya alam hayati. Kami juga berharap restocking ini mendukung pengembangan Embung Blubuk ke depan sebagai area wisata pemancingan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Sudarna di Kulon Progo, Senin.

Ia mengharapkan terbentuknya kelompok masyarakat pengawas. Dengan kelompok yang beranggotakan masyarakat yang peduli dan aktif bersuka rela melestarikan sumber daya ikan ini, diharapkan untuk aktif melakukan pengawasan terhadap kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

"Kami berharap kelompok masyarakat pengawas berperan aktif dalam pemeliharaan perikanan perairan umum," katanya.

Sementara itu, Bupati kulon Progo Sutedjo menyampaikan apresiasi serta dukungan yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan bentuk menjaga dan memberdayakan berbagai potensi perairan umum di Kabupaten Kulon Progo.

"Kabupaten Kulon Progo ini mempunyai potensi perairan umum berupa sungai, waduk dan embung yang dimana tempat tempat seperti ini memiliki peranan sebagai sumber keanekaragaman hayati, sumber ketahanan pangan dan sumber perekonomian rakyat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan restocking di Embung Blubuk tersebut adalah sebagai bentuk pengawasan sumber daya ikan di Kulon Progo. "Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga dan mengelola perairan umum demi kelestarian sumber daya ikan serta bersama sama menjadi masyarakat pengawas dari penangkapan ikan secara ilegal dan tidak ramah lingkungan," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sendangsari Samsudin mengucapkan terima kasih kepada bupati yang telah membawa semangat dan memberi motivasi terhadap proses pengelolaan Embung Blubuk. Selanjutnya, ia berharap Embung Blubuk ini menjadi tujuan destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo, sehingga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

"Kami berharap arahan dan bimbingan terkait pengelolaan Embung Blubuk ini. Dengan adanya bimbingan dan arahan dari dinas maupun instansi pemerintahan, selaku pengelola Embung Blubuk, kita akan tetap termotivasi untuk meraih sebuah impian yang saat ini masih dalam angan-angan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar