KAI catat sebanyak 4.827 orang akses vaksinasi di Daop 6 Yogyakarta

id vaksinasi,covid-19,daop 6 yogyakarta

KAI catat sebanyak 4.827 orang akses vaksinasi di Daop 6 Yogyakarta

Pelayanan vaksinasi COVID-19 di PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Senin (23/8/21). (ANTARA/HO-Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Percepatan program vaksinasi COVID-19 tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah kota/kabupaten, tetapi juga oleh PT KAI dan di Daop 6 Yogyakarta tercatat ada 4.827 orang yang mengakses layanan vaksinasi.

“Hingga Minggu (22/8), tercatat ada 4.827 orang yang mengakses vaksinasi di Daop 6 Yogyakarta, baik pelanggan kereta api maupun masyarakat umum,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Senin.

Di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta, layanan vaksinasi gratis untuk pelanggan maupun masyarakat umum dapat diakses di beberapa titik, seperti di Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, dan di Klinik Mediska Yogyakarta.



Layanan vaksinasi gratis di Daop 6 Yogyakarta sudah dimulai sejak diterapkannya PPKM pada 3 Juli lalu. Layanan tersebut untuk mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 dan memudahkan pelanggan mengakses layanan kereta api, karena syarat perjalanan adalah sudah divaksin.

Menurut Supriyanto, upaya untuk mendukung percepatan vaksinasi juga dilakukan di internal PT KAI dengan melakukan vaksinasi kepada pekerja atau pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta.

Hingga 18 Agustus, jumlah pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang sudah divaksin tercatat 3.462 orang menerima dosis pertama dan 1.236 pekerja menerima dosis lengkap.

Dari total 4.399 pegawai PT KAI Daop 6 yang terdaftar, capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 80 persen dan 28 persen untuk dosis lengkap.

Vaksinasi dilakukan di beberapa lokasi, seperti di Biddokes Polda DIY, BPTT KAI, Dinas Kesehatan Kulon Progo, RS Jiwa Surakarta, dan RSUD Klaten.

“Pegawai yang divaksin mulai dari tingkatan manajer hingga pelaksana di bidang operasional, frontliner dan administrasi,” katanya.



Pada Jumat (20/8), Klinik Mediska Daop 6 Yogyakarta juga menerima tambahan 5.700 dosis vaksin dari Dinas Kesehatan DIY yang akan digunakan untuk vaksinasi keluarga pekerja PT KAI di Yogyakarta.

“Vaksinasi sangat penting bagi kami yang bekerja di sektor pelayanan publik dan diharapkan memberikan perlindungan bagi karyawan saat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan pelanggan kereta api,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta juga menetapkan Stasiun Tugu sebagai kawasan wajib vaksinasi dan masker.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024