DPKD Sleman berkoordinasi layanan perpustakaan keliling dengan sekolah

id Perpustakaan keliling Sleman ,Dinas Perpustakaan Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

DPKD Sleman berkoordinasi layanan perpustakaan keliling dengan sekolah

Dokumentasi - Pengunjung membaca buku di perpustakaan keliling saat acara Gemilang Perpustakaan 2019 di Monumen Jogja Kembali, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (22/8/2019). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko./pd.

Sleman (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan koordinasi layanan perpustakaan keliling dengan mengundang 82 kepala sekolah SD/SMP yang tersebar di 17 kapanewon di Sleman di Aula Pangripta Bappeda Kabupaten Sleman, Selasa.

Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Fauzan Darmadi mengatakan bahwa sasaran perpustakaan keliling tahun 2022 ini sebanyak 82 lokasi.

"Sebanyak 82 lokasi ini terdiri dari 51 anggota baru yang mengajukan permohonan perpustakaan keliling dan 31 anggota diambil dari anggota tahun 2021 yang masih perlu dilanjutkan kerja samanya," katanya.

Ia mengatakan dalam operasionalnya perpustakaan keliling didukung dengan dua unit bus dan tiga unit mobil yang melayani peminjaman dan pengembalian ke sekolah-sekolah yang menjadi sasaran untuk mendekatkan perpustakaan dengan pembacanya.

"Satu bulan perpustakaan keliling akan melayani 82 sekolah," katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Sri Wantini mengatakan diadakannya koordinasi ini diharapkan memudahkan sinkronisasi dalam kegiatan pelayanan perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca dan menguatkan budaya literasi dari baca menjadi karya menuju masyarakat Sleman yang cerdas.

"Untuk mengoptimalkan layanan perpustakaan sampai ke lapisan masyarakat dilakukan dengan berbagai jenis layanan diantaranya Layanan Menetap, Layanan Kunjung Perpustakaan, Layanan Perpustakaan Keliling, Layanan Silang Layan, Layanan Rujukan ditambah lagi dengan kegiatan roadshow, workshop dan lomba bercerita," katanya.

Ia mengatakan, tidak mau ketinggalan dengan teknologi digital saat ini, pihaknya juga memberikan layanan digital perpustakaan yakni Web Dinas dapat diakses melalui www.perpusarsip.slemankab.go.id berisi konten informasi kedinasan dan dapat pula menjadi pintasan penelusuran informasi seperti akses ke opac, ebook, youtube dan lainnya.

"Kami juga memanfaatkan penggunaan sosial media melalui youtube @perpusarsipsleman dan instagram @perpusarispsleman," katanya.

Menurut dia, dua platform ini menjadi sarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk konten yang menarik mengingat saat ini sosial media menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam aktifitas masyarakat.

"Layanan melalui hotline nomor whatsap 081390382343, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menanyakan berbagai informasi terkait kedinasan maupun layanan. Selain itu whatsap perpustakaan dapat juga dimanfaatkan untuk memperpanjang masa peminjaman sehingga masyarakat tidak perlu datang langsung ke perpustakaan," katanya.*
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024