Wabup Sleman: Event Porda-Peparda DIY bawa banyak dampak positif

id Porda DIY,Peparda DIY ,Wabup Sleman ,Porda-Peparda DIY

Wabup Sleman: Event Porda-Peparda DIY bawa banyak dampak positif

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharsa menyebutkan event Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) ke III Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membawa banyak dampak positif bagi Kabupaten Sleman.

"Sleman sebagai tuan rumah Porda-Peparda 2022 mendapatkan banyak dampak positif dari ajang olahraga multi event tersebut, baik itu prestasi olahraga hingga dampak ekonomi," kata Danang Maharsa di Sleman, Rabu.

Menurut dia, dari sisi prestasi olahraga, event Porda-Peparda tersebut tercatat banyak memunculkan atlet muda dari sejumlah cabang olahraga yang diharapkan ke depan dapat berkiprah di ajang yang tingkatannya lebih tinggi.

Baca juga: Pemkab Sleman fasilitasi UMKM promosi produk di ajang olahraga

"Dari pengamatan saya banyak muncul atlet muda dari Sleman untuk beberapa cabor unggulan, harapannya atlet-atlet muda ini ke depan bisa berkiprah di ajang yang lebih tinggi seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan ajang internasional sehingga turut mengharumkan nama Kabupaten Sleman, " katanya.

Ia mengatakan, selama memantau pelaksanaan Porda-Peparda dirinya juga sempat bertemu dengan beberapa pencari bakat atlet muda dari tingkat nasional.

"Saya juga bertemu dengan Yayuk Basuki saat memantau pertandingan tenis. Menurut Yayuk Basuki ada atlet tenis Sleman yang memiliki prospek berkembang ke tingkat lebih tinggi. Bahkan Yayuk Basuki sudah secara tegas menyatakan akan membawa atlet yang baru berumur belasan tahun tersebut untuk dilatih di pusat," katanya.

Danang mengatakan, pihaknya merasa bangga karena banyak muncul atlet muda dari Sleman yang tidak kalah dengan atlet senior.

"Banyak bibit atlet baru, yang kualitasnya tidak kalah dengan yang senior. Sedini mungkin mereka ini kita siapkan untuk jenjang lebih tinggi. Kita akan terus mendorong agar bibit-bibit baru ini semakin berprestasi," katanya.

Ia mengatakan, di sisi lain pihaknya juga semakin optimistis target Kabupaten Sleman keluar sebagai juara umum Porda DIY ke XVI akan terwujud, sehingga target hattrick lagi bisa tercapai.

"Saat jni Sleman masih memimpin klasemen sementara perolehan medali Porda XVI dengan jumlah medali emas di atas 100. Untuk bisa menjadi juara umum setidaknya harus bisa meraih medali emas sekitar 140, dan kami yakin target juara umum bisa tercapai, masih ada dua hari pelaksanaan untuk menambah perolehan medali emas," katanya.

Baca juga: Membangkitkan kembali perekonomian Sleman melalui event Porda DIY 2022
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024