SIPS jadi rujukan penyelesaian sengketa pemilu

id Bawaslu,Rahmat Bagja,SIPS Versi 3.0,Penyelesaian Sengketa Pemilu

SIPS jadi rujukan penyelesaian sengketa pemilu

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran SIPS V.3 di Hall Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (10/11/2022) malam. ANTARA/Tri Meilani Ameliya.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa Versi 3.0 (SIPS V.3) dapat menjadi rujukan akademis bagi masyarakat terkait dengan penyelesaian sengketa proses pemilu oleh Bawaslu.

"Ke depan, SIPS Versi 3.0 ini bisa menjadi sebuah rujukan akademis karena seluruh putusan (penyelesaian sengketa proses pemilu dari tahun 2014 sampai 2022 bisa diakses secara online oleh masyarakat luas," ujar Bagja saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran SIPS V.3 di Hall Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis malam.

Selain mengakses seluruh putusan sengketa proses pemilu, Bagja menambahkan masyarakat juga dapat mengunduh putusan-putusan tersebut. Kemudian, mereka bisa mengakses persidangan penyelesaian sengketa proses pemilu yang diunggah ke dalam kanal YouTube Bawaslu RI.



"Jadi, untuk merangkai putusan itu bisa dirangkai dari video-video sidang yang dijalankan oleh Bawaslu RI sehingga nanti dilihat apakah pertanyaan kami sesuai dengan putusan dan berbagai hal lainnya," ucap Bagja.

Selanjutnya terkait dengan sosialisasi penggunaan, ia menyampaikan bahwa Bawaslu RI akan mengundang partai-partai politik untuk menyosialisasikan penggunaan SIPS Versi 3.0.

"Kami menjelaskan SIPS ke partai politik. Ini sudah berjalan dari 2 tahun yang lalu (SIPS Versi 1.0 dan SIPS Versi 2.0. Tapi, versi ketiga ini belum. Sekarang, akan berjalan. Kami akan memperkenalkan fitur-fitur baru ke teman-teman partai politik dan calon anggota DPD," ujar Bagja.

Sebelumnya, saat menyampaikan laporan kegiatan peluncuran SIPS V.3, Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu La Bayoni menyampaikan bahwa SIPS Versi 3.0 merupakan salah satu terobosan Bawaslu dalam mentransformasikan pelayanan publik berbasis teknologi.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bawaslu: SIPS bisa jadi rujukan akademis penyelesaian sengketa pemilu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024