Produk kakao bermutu jika pemerintah-petani berkolaborasi

id Kakao,Kementerian pertanian

Produk kakao bermutu jika pemerintah-petani berkolaborasi

Ilustrasi-Pengembangan tanaman kakao oleh salah seorang petani di Kabupaten Luwu Utara, Sulsel. ANTARA/ Suriani Mappong

Jakarta (ANTARA) - Kolaborasi yang dilakukan oleh pemerintah bersama dengan asosiasi petani, koperasi, gabungan kelompok tani (gapoktan), disebut dapat meningkatkan mutu dan produktivitas kakao melalui berbagai program yang telah diterapkan.

Ketua Dewan Kakao Indonesia Soetanto Abdoellah dalam sambutannya pada acara Hari Kakao Nasional ke 10 di JiExpo Jakarta, Minggu, menghimbau para pelaku usaha, para petani kakao dan pemerintah untuk berkolaborasi dalam pemenuhan kebutuhan biji kakao nasional, peningkatan mutu kakao serta produksi kakao olahan yang ada di Indonesia.

“Pada kesempatan yang baik ini, mari kita terus semangati para koperasi, Gapoktan dan petani agar bisa berkontribusi dalam meningkatkan produksi kakao nasional," kata Soetanto.

Dewan Kakao Indonesia bekerjasama dengan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Hari Kakao Nasional ke 10 di JiExpo Kemayoran dengan tema “Menuju Indonesia Sebagai Produsen dan Konsumen Kakao Berkelanjutan”.

Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan terus berupaya untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan, gapoktan atau asosiasi petani kakao untuk pemenuhan permintaan kakao yang terus meningkat setiap tahunnya.

Dirjen Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah pada kesempatan lain mengapresiasi peran serta pelaku usaha kakao Indonesia namun perlu bersinergi agar hasilnya lebih maksimal dari hulu ke hilir.

“Kami mengimbau agar para pelaku usaha, petani dan lembaga penelitian bersama-sama pemerintah baik pusat maupun daerah bersinergi serta bekerja sama secara intensif dalam mewujudkan kebun kakao berproduksi tinggi dan berkelanjutan,” kata Andi Nur.


Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ditjen Perkebunan Kementan Hendratmojo Bagus Hudoro menyampaikan bahwa prospek pasar kakao memerlukan komitmen bersama antara beragam pemangku kepentingan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kolaborasi pemerintah tingkatkan mutu-produktivitas kakao
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024