BPIP anugerahi Ikon Prestasi Pancasila kepada 45 putra putri bangsa

id BPIP ,Ikon Prestasi Pancasila ,Pembumian Pancasila

BPIP anugerahi Ikon Prestasi Pancasila kepada 45 putra putri bangsa

Kepala BPIP Yudian Wahyudi pada acara penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila di Yogyakarta, Sabtu (3/12/2022). ANTARA/HO-Tim Humas BPIP dan UIN Yogyakarta

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada tahun 2022 menganugerahi Ikon Prestasi Pancasila kepada 45 putra putri terbaik di seluruh Tanah Air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia.

Dalam siaran pers Humas BPIP yang diterima di Yogyakarta, Rabu, malam penganugerahan 45 Ikon Prestasi Pancasila 2022 digelar Sabtu (3/12) di Yogyakarta yang dipandang telah menjadi simbol kota pemersatu bangsa, di mana terdapat perpaduan harmonik lintas kultural yang menjadi cerminan kebhinekaan.

"Ikon Prestasi Pancasila merupakan wujud pribadi, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan, dan dilakukan secara tulus dan konsisten, baik dicerminkan melalui karya, prestasi nasional, maupun internasional," kata Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

Baca juga: Penanaman ideologi Pancasila melalui konser jazz di Yogyakarta

Sebanyak 45 Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilih dalam lima kategori, yakni Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman.

"Mereka ini mencerminkan semangat perjuangan atau Manusia Indonesia dengan menunjukkan suatu inspirasi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta pada Tanah Air Indonesia," ujarnya.

Selain melalui proses yang ketat dalam penjaringan, seleksi oleh tim juri yang independen dan kapabel, serta kesediaan menandatangani Pakta Integritas, para kandidat peraih Ikon Prestasi Pancasila tersebut juga telah memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan BPIP.

Kriteria itu adalah WNI dan memiliki rekam jejak yang positif, prestasi atau karya yang inovatif dan inspiratif, diakui masyarakat, bangsa, dan negara dan atau internasional. Karya atau tindakan yang memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara, memberikan inspirasi kepada masyarakat dan lingkungan.

"45 Ikon Prestasi Pancasila dianugerahkan kepada individu, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan secara konsisten dan tanpa pamrih. Mereka menunjukkan keteladanan publik di bidang sains dan inovasi, olahraga, seni budaya, kewirausahaan sosial, dan tokoh atau penggerak lintas iman," tuturnya.

Kegiatan penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dimulai sejak 2017 oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) dengan memilih 72 Ikon Prestasi Pancasila, yang kala itu bertepatan dengan angka tahun peringatan Hari Kemerdekaan Negara RI tanggal 17 Agustus 1945.

Kemudian sehubungan dengan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi BPIP, kegiatan kembali digelar pada 2019 dengan memilih 74 Ikon. Kemudian secara berturut-turut mengiringi momentum HUT Kemerdekaan dengan memilih 75 Ikon di tahun 2020, dan memilih 76 Ikon Prestasi Pancasila pada 2021.

"Para peraih Ikon Prestasi Pancasila diharapkan dapat menjadi mitra strategis BPIP dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya, sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat," ucapnya.

Kepala BPIP juga mengatakan, dari segala praktik baik yang terus bertumbuhan di seluruh penjuru negeri ini, kelak dipadukan dan disinkronkan dengan semangat gotong royong, saling berkolaborasi untuk menggapai cita-cita kemerdekaan, yakni mewujudkan masyarakat adil makmur.

"Pancasila sebagai 'politik harapan' akan memandu kita menjadi bangsa tangguh yang produktif dan berperan penting dalam menyongsong era kemajuan," katanya.

Baca juga: Usul BPIP: Peran FKUB perlu diatur lewat perpres
Baca juga: BPIP : Pemindahan IKN komitmen pemerintah dalam pemerataan pembangunan