Jika Pemilu 2024 ingin berkualitas, KPU RI harus transparan

id Netgrit,KPU RI,Transparansi Penyelenggaraan Pemilu,Pemilu 2024

Jika Pemilu 2024 ingin berkualitas,  KPU RI harus transparan

Peneliti senior Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) Hadar Nafis Gumay. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Jakarta (ANTARA) - Peneliti senior Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) Hadar Nafis Gumay berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dapat bekerja secara transparan demi menghadirkan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang berkualitas.

“KPU kami harapkan bekerjalah dengan jujur, adil, dan yang paling penting adalah dengan transparan. Masyarakat perlu diberitahu tentang apa yang sedang dijalankan," ujar Hadar saat menjadi narasumber dalam diskusi bersama Radio Idola Semarang bertajuk “Refleksi Politik Sepanjang Tahun 2022 dan Perbaikan Apa yang Perlu Dilakukan pada 2023?”, sebagaimana dipantau di Jakarta, Senin.

Jika KPU tidak bekerja secara transparan, lanjut dia, hal tersebut dapat memicu kemunculan kecurigaan dari masyarakat, terutama terkait dengan adanya kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Contohnya, yang telah terjadi di dalam tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Dalam tahapan tersebut, Hadar mengatakan Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih menerima aduan serta informasi mengenai dugaan kecurangan berupa manipulasi data dalam tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang melibatkan KPU RI, dalam hal ini komisioner dan sekretaris jenderal.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Netgrit harap KPU RI bekerja secara transparan demi pemilu berkualitas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024