Wabup Sleman sebut anggota PPK merupakan bagian penting demokrasi

id Wabup Sleman ,PPK Kabupaten Sleman ,Pemilu 2024,Pemilu Serentak ,KPU Kabupaten Sleman ,Sleman

Wabup Sleman sebut anggota PPK merupakan bagian penting demokrasi

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat memberikan arahan pada pelantikan anggota PPK Kabupaten Sleman, Rabu (4/1/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Maharsa menyebut bahwa anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 menjadi bagian penting dari proses demokrasi di negara ini.

"PPK memiliki tanggung jawab besar untuk membantu KPU dalam menyukseskan Pemilu 2024," kata Danang saat menghadiri Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 Kabupaten Sleman, di Sleman, Rabu.

Ia berharap PPK Kabupaten Sleman yang dilantik dapat mengerjakan tugas pokoknya dengan baik, yakni membantu tugas KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Baca juga: KPU Yogyakarta melantik 70 anggota PPK Pemilu 2024

"Semoga dengan pelantikan anggota PPK ini nanti pemilu bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sleman yang memberikan dukungan kepada KPU Sleman, di antaranya pembebasan biaya administrasi untuk pemeriksaan kesehatan bagi penyelenggara pemilu di daerah ini.

"Nanti pada bulan Desember 2023 ada 30 ribu kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan petugas ketertiban di tempat pemungutan suara (TPS) yang dibebaskan administrasi pembayaran," katanya.

Menurut dia, sebanyak 85 anggota PPK  hari ini (Rabu) telah dilantik. Sesuai arahan pemerintah maka harus memenuhi keterwakilan perempuan  30 persen untuk menjadi anggota PPK, sedangkan PPK Kabupaten Sleman telah memenuhi hal itu dengan melibatkan 36,47 persen perempuan.

"Sebelumnya sebanyak 500 orang lebih yang mendaftarkan diri menjadi anggota PPK di Kabupaten Sleman. Angka ini meningkat dari pemilu sebelumnya yang hanya sekitar 300 orang," katanya.

Baca juga: Pemilu 2024 harus dikawal
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024