Peringati Imlek 2023, wisatawan banjiri Pasar Gede

id Imlek, solo

Peringati Imlek 2023, wisatawan banjiri Pasar Gede

Ribuan orang memadati kawasan Pasar Gede hingga Halaman Balai Kota Surakarta, Sabtu (21/1/2023) malam. ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Warga Kota Solo dan sekitarnya memadati kawasan Pasar Gede hingga Halaman Balai Kota Surakarta untuk memeriahkan malam Imlek, Sabtu.

Salah satu warga Kampung Bibis, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo Bela Satya mengatakan sengaja datang ke lokasi tersebut untuk memeriahkan malam pergantian tahun baru Imlek.

"Ini saya datang sama anak-anak dan suami," katanya.

Setelah dua tahun tidak dilaksanakan, ia senang akhirnya perayaan Imlek kembali diselenggarakan di Kota Solo. Meski aturan protokol kesehatan mulai longgar, ia masih tetap mengajak keluarganya untuk mengenakan masker.

"Kemarin-kemarin kan nggak ada kayak gini, jadi senang ini ada lagi, tapi aku masih pakai masker," katanya.

Menurut dia, perayaan tersebut penting dilakukan agar masyarakat makin paham tentang toleransi. Apalagi, selama ini Solo selalu menumbuhkan toleransi di kalangan masyarakat dengan memeriahkan setiap hari besar keagamaan.

"Kan kita harus sama-sama toleransi, ikut memeriahkan saja. Dulu Natalan temanya di sini juga Natal, sama-sama ikut memeriahkan saja," katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Imlek Kota Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan kali ini ada sebanyak 5.000 lampion yang terpasang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga depan Pasar Gede Solo.

"Ini ada 5.000 lampion, kembali seperti sebelum pandemi, tahun kemarin kan hanya pasang 1.000 lampion. 

Selain lampion dan shio di depan balai kota, ada pula 12 shio di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.