Seniman dan UMKM Indonesia harus manfaatkan momen konser

id konser,indonesia,umkm,indef,eko listiyanto,seniman,pelaku usaha,pelaku seni

Seniman dan UMKM Indonesia harus manfaatkan momen konser

Ilustrasi - Grup musik Noah tampil membawakan hits-nya pada acara Jakarta Concert Week 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/3/2023). Konser yang bertajuk "Noah in Monochrome" tersebut Noah menghibur penggemarnya dengan membawakan sejumlah lagu diantaranya berjudul "di Balik Awan" dan "Yang Terdalam". ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute of Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto menyarankan pelaku seni dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan momentum konser di Indonesia.

Di tengah pandemi yang telah landai saat ini, sederet konser yang menghadirkan musisi lokal dan internasional mulai kembali marak digelar di Indonesia.

Adanya berbagai pembatasan yang ketat saat pandemi juga menjadi alasan hausnya masyarakat akan hiburan, salah satunya konser.

“Pandemi sudah landai dan masyarakat haus akan hiburan, sehingga ini saatnya bagi para seniman dan UMKM untuk menampilkan kreasi mereka yang kreatif, jangan sama saat pandemi,” Kata Eko saat dihubungi, Rabu (22/3).

“Ini adalah musim semi bagi industri hiburan, seniman, hingga UMKM,” tambahnya.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya ini mengatakan, 60 persen penduduk Indonesia saat ini adalah usia muda, sehingga sektor hiburan seperti konser menjadi konsumsi yang paling dicari di Tanah Air.

Ia menyebut para UMKM, seniman, termasuk pelaku hiburan perlu melakukan banyak inovasi baru untuk memanfaatkan momentum ini

“Contohnya, sekarang banyak event-event yang bukan soal musik namun menggabungkan aspek itu ke dalamnya, yang terakhir acara otomotif namun juga ada konsernya, ini harus terus dimanfaatkan sebagai peluang bisnis bagi seniman juga pelaku hiburan,” ujarnya.

Sementara bagi UMKM, Eko mendorong untuk terus aktif berpartisipasi pada acara-acara yang ramai dikunjungi seperti konser.

Meski begitu, kualitas produk yang ditawarkan juga harus menyesuaikan target pasar pada konser.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indef anjurkan seniman dan UMKM manfaatkan konser

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024