Presiden Jokowi beri "endorsement" Prabowo hal wajar

id Andre Rosiade,DPR RI, anggota DPR, pemilu, prabowo subianto ,jokowi,pemilu 2024

Presiden Jokowi beri "endorsement" Prabowo hal wajar

Tangkapan layar - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade saat diskusi daring yang digelar Total Politik dengan tema “Dinamika Elektabilitas Capres Menuju 2024” dipantau di Jakarta, Rabu (19/4/2023). (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan wajar apabila Presiden Joko Widodo memberikan endorsement politik secara terbuka kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

“Wajar menurut saya kalau Pak Jokowi memberikan 'endorsement' kepada Pak Prabowo,” kata Andre saat diskusi daring yang digelar Total Politik dengan Tema “Dinamika Elektabilitas Capres Menuju 2024” dipantau di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut, kata dia, karena Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahan (Menhan) RI menjadi salah satu menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju.

Dia mengklaim berdasarkan banyak hasil survei menyebutkan bahwa Prabowo merupakan menteri di kabinet Pemerintahan Jokowi yang berkinerja terbaik dan paling disukai masyarakat.

“Beliau fokus bekerja sebagai Menteri Pertahanan yang diamanahkan Pemerintah dan Pak Presiden Jokowi,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, Prabowo memiliki sikap yang jelas akan melanjutkan kebijakan-kebijakan Pemerintahan Jokowi.

“Kalau Pak Prabowo akan melanjutkan program pembangunan Pak Jokowi karena beliau memang bagian dari Pemerintah Pak Jokowi,” ucapnya.

Andre menjelaskan bahwa partainya berupaya memulihkan dan mempertahankan kembali pemilih Partai Gerindra pada Pemilu 2019. Pasalnya, kata dia, elektabilitas Prabowo sempat mengalami penurunan pada medio 2022.

“Perlahan masyarakat yang marah yang sempat mungkin memilih kelompok sebelah itu kembali pulih memilih Pak Prabowo,” imbuhnya.

Dia mengatakan hal itu dilakukan dengan cara menjelaskan kepada konstituen alasan-alasan rekonsiliasi Prabowo dengan Jokowi yang merupakan rivalnya pada pilpres periode lalu bergabung dalam kabinet Pemerintahan Jokowi.

“Menjawab tuduhan fitnah dan hoaks yang melanda Pak Prabowo diakibatkan Pak Prabowo bergabung dengan Pak Jokowi. Contoh, Pak Prabowo berkhianat, bergabung dengan Pak Jokowi,” katanya.

Anggota DPR RI itu menyebut bahwa pihaknya menjelaskan bahwa rekonsiliasi Prabowo dengan Jokowi menciptakan persatuan bagi Indonesia dan memberi banyak hikmah kemaslahatan. Termasuk, lanjut dia, menciptakan pemerintahan yang efektif, baik dalam menghadapi pandemi COVID-19 hingga ancaman krisis global saat ini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dewan Pembina Gerindra: Wajar Jokowi beri "endorsement" ke Prabowo
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024