Festival seni dan budaya diintensifkan untuk gaet wisatawan

id Payakumbuh botuang festival, ekraf, payakumbuh,Payakumbuh kembangkan ekraf lewat festival seni,ekraf lewat festival seni

Festival seni dan budaya diintensifkan untuk gaet wisatawan

Jumpa pers pengembangan ekraf di Payakumbuh. (ANTARA/Melani)

Padang (ANTARA) -
Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat berupaya mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) dan pariwisata daerah melalui sejumlah agenda festival seni dan budaya pada 2023.
 
“Ada beberapa agenda yang dipersiapkan diantaranya Payakumbuh Local Brand, Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh dan Payakumbuh Botuang Festival IV," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman, di Padang, Minggu.
 
Ia mengatakan, Payakumbuh Local Brand akan digelar pada 24 sampai 26 Juni 2023. Pada waktu bersamaan juga akan digelar Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh, di GOR M. Yamin Kubu Gadang.
 
Sementara Payakumbuh Botuang Festival IV akan digelar di Taman Normalisasi Batang Agam pada tanggal 13 hingga 15 Juli 2023.
 
Ia mengatakan Payakumbuh Local Brand memberi kesempatan kepada designer lokal untuk memamerkan hasil karyanya seperti tenun Balai Panjang dan hal lainnya yang bisa lebih digali untuk dikembangkan.
 
Ia menambahkan meski Payakumbuh tidak memiliki banyak objek wisata, namun Payakumbuh dibranding sebagai “City of Rendang” dan tenun Balai Panjang yang bisa menarik wisatawan untuk datang.
 
Sementara itu Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Padang, Fomalhaut Zamel menyebutkan Payakumbuh Local Brand berawal dari ide anak muda Payakumbuh yang mengadakan iven untuk menampilkan karya anak muda Payakumbuh.
 
“Kegiatan ini diadakan pertama kali pada tahun 2022 dan mendapat perhatian dari pemerintah Payakumbuh,” sebutnya.