Indonesia-Prancis kerja sama alih teknologi

id Indonesia dan Prancis,RI dan Prancis,kerja sama Prancis,teknologi pertahanan Prancis,pertemuan 2+2,kerja sama pertahanan

Indonesia-Prancis kerja sama alih teknologi

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri), Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kanan), Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna (dua kiri), dan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Sébastien Lecornu (dua kanan) berfoto bersama pada sela-sela pertemuan 2+2 Indonesia dan Prancis di Paris, Prancis, Jumat (21/7/2023). ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan RI.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Pemerintah Prancis dalam pertemuan 2+2 di Paris, Prancis, Jumat (21/7), menjajaki peluang memperluas kerja sama di berbagai bidang, termasuk di antaranya pertahanan, keamanan, dan alih teknologi pertahanan.

Dalam pertemuan itu, Pemerintah Indonesia diwakili oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sementara Pemerintah Prancis diwakili oleh Menteri Luar Negeri Catherine Colonna dan Menteri Angkatan Bersenjata Sébastien Lecornu.

“Tadi pembicaraan 2+2 telah berjalan dengan sangat baik dan hubungan kami, khususnya di bidang pertahanan adalah yang terbaik dalam beberapa dasawarsa ini,” kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam siaran tertulisnya selepas pertemuan sebagaimana dikonfirmasi oleh Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha.

Dalam kesempatan itu, Menhan RI menyampaikan kepada dua menteri Prancis bahwa Presiden RI Joko Widodo menghendaki peningkatan kerja sama bidang pertahanan, termasuk di antaranya terkait program alih teknologi dan pembelian alutsista.

Oleh karena itu, Menhan RI pun memanfaatkan pertemuan itu untuk juga menjajaki peningkatan kerja sama militer, terutama dalam bidang pendidikan, pertukaran prajurit, dan latihan bersama.

“Kami sangat puas dengan pertemuan ini. Kami melihat kerja sama strategis yang sangat baik pada masa mendatang,” kata Prabowo Subianto.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI-Prancis jajaki kerja sama alih teknologi dalam pertemuan 2+2
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024