Hasilkan delapan kesepakatan pertemuan Jokowi-Xi Jinping

id Jokowi,Joko Widodo,Xi Jinping,China ,RRT,Menlu,Retno Marsudi

Hasilkan delapan kesepakatan pertemuan Jokowi-Xi Jinping

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang diselenggarakan di Hotel Jinniu, Chengdu, Tiongkok, Kamis (27/7/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Jakarta (ANTARA) - Pertemuan bilateral Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, serta masing-masing delegasi di Kota Chengdu, Kamis, menghasilkan delapan kesepakatan.

"Pertama, plan of action dari MoU kesehatan," kata Menlu RI Retno L. Marsudi dalam keterangan pers melalui tayangan video akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Retno merinci delapan kesepakatan yang dihasilkan, yakni pertama, Action Plan atau rencana aksi kerja sama bidang kesehatan, dan kesepakatan kedua meliputi protokol pembukaan akses pasar produk pertanian untuk komoditas tepung porang.

Selanjutnya, kesepakatan ketiga meliputi protokol pembukaan akses pasar produk pertanian untuk komoditas bubuk tabasheer Indonesia ke Tiongkok, dan kesepakatan keempat meliputi riset dan pengembangan industri pemuliaan tanaman dan budidaya laut.

Kemudian kesepakatan kelima, yakni RI dan Tiongkok menyepakati kerja sama transfer pengetahuan dan pengalaman untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan kesepakatan keenam, kedua negara menyepakati Nota Kesepahaman tentang peningkatan kerja sama Indonesia-Tiongkok "Two Countries, Twin Parks".

Kesepakatan ketujuh, yakni nota kesepahaman tentang kerja sama ekonomi dan teknis, dan kesepakatan kedelapan, nota kesepahaman tentang pendidikan bahasa Mandarin.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertemuan bilateral Jokowi-Xi Jinping hasilkan delapan kesepakatan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024