Jokowi: China harus jaga perdamaian, kemakmuran, dan stabilitas Indo-Pasifik

id presiden jokowi,presiden china xi jinping,indo pasifik

Jokowi: China harus jaga perdamaian, kemakmuran, dan stabilitas Indo-Pasifik

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Bandar Udara Internasional Tianfu, Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, China/Republik Rakyat Tiongkok, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa semua negara, termasuk China, harus menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

Pernyataan itu disampaikan dia dalam pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Chengdu pada Kamis.

“Presiden menyampaikan bahwa rivalitas antara major powers harus dikelola agar tidak menimbulkan konflik yang merugikan kawasan,” tutur Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam salinan pernyataannya terkait pertemuan itu.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan menyambut baik dimulainya kembali komunikasi antara China dan Amerika Serikat serta mengapresiasi penyelesaian panduan percepatan perundingan pedoman tata perilaku (CoC) di Laut China Selatan.

“Terkait ASEAN, Bapak Presiden meminta dukungan RRT untuk implementasi konkret ASEAN Outlook on the Indo-Pacific termasuk partisipasi BUMN dan sektor swasta China dalam ASEAN Indo-Pacific Forum yang akan diselenggarakan September mendatang di Jakarta,” ujar Retno.

Selain itu, Jokowi juga disebutnya meminta dukungan China untuk menyukseskan KTT Asia Timur yang akan dilaksanakan pada September.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: China harus jaga perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024