396 instansi dan perseorangan mendapatkan Anugerah Bapeten 2023

id bapeten,anugerah bapeten

396 instansi dan perseorangan mendapatkan Anugerah Bapeten 2023

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memberikan penghargaan Anugerah Bapeten 2023 kepada instansi dan perseorangan, di Yogyakarta, Selasa (22/8/2023). ANTARA/HO-Bapeten

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memberikan penghargaan Anugerah Bapeten tahun 2023 kepada 396 instansi dan perseorangan yang telah berkontribusi dan berperan aktif dalam terwujudnya keselamatan dan keamanan nuklir dalam pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia.

"Anugerah ini merupakan event tahunan dari Bapeten yang telah terselenggara sejak 2015. Anugerah Bapeten 2023 ini mengambil tema 'Pengawasan Tenaga Nuklir Menyongsong PLTN sebagai Pilihan Transisi Energi Menuju Net Zero Emission'," kata Plt. Kepala Bapeten Sugeng Sumbarjo di Yogyakarta, Selasa.

Penghargaan Anugerah Bapeten diberikan dalam 6 kategori yang meliputi Pemegang Izin bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif; Petugas Proteksi Radiasi bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioakti; Petugas Deklarasi Protokol Tambahan; Pengurus Bahan Nuklir Terbaik; Petugas Pengurus Bahan Nuklir Teraktif; dan Laboratorium Dosimetri Eksterna yang memiliki komitmen dan performa sangat baik dalam Keselamatan Radiasi dan/atau Keamanan Sumber Radioaktif serta dalam hal penerapan optimisasi keselamatan radiasi pada pasien radiologi.

Berdasarkan kategori tersebut, maka dalam penyelenggaraan Anugerah Bapeten yang ke-9 pada tahun 2023 ini Bapeten memberikan penghargaan Anugerah Bapeten kepada Pemegang Izin sebanyak 173 untuk instansi medik; 173 untuk instansi penelitian dan industri; 38 instansi untuk kategori Optimisasi Keselamatan Radiasi pada Pasien Radiologi; 4 Laboratorium Dosimetri Eksterna.

Kemudian 5 Petugas Proteksi Radiasi (PPR); 1 Petugas dalam Aspek Safeguards dan Protokol Tambahan, 1 Pengurus Bahan Nuklir Terbaik, dan 1 Petugas Pengurus Bahan Nuklir Teraktif.

"Industri nuklir memiliki peran strategis dalam pembangunan berkelanjutan dan kemandirian energi, tetapi selanjutnya juga akan muncul tanggung jawab yang besar dalam memastikan keselamatan dan keamanan nuklir tetap terpenuhi. Selain itu, prestasi yang diraih dalam penghargaan kali ini juga turut membantu membentuk citra industri nuklir Indonesia di mata dunia," kata Sugeng Sumbarjo.

Ia mengatakan, kegiatan Anugerah Bapeten 2023 ini diharapkan dapat memicu dan memacu kesadaran para pemegang izin terkait pentingnya aspek keselamatan dan keamanan nuklir, serta mendorong semakin meningkatnya level budaya keselamatan dalam pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia.

"Dengan demikian diharapkan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia benar-benar aman dan selamat serta memberikan kesejahteraan sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Sugeng Sumbarjo.

Deputi Bidang Perizinan dan Inspeksi Bapeten Zainal Arifin mengatakan Bapeten sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran merupakan instansi pemerintah yang diberikan tugas dan wewenang dalam melaksanakan pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir melalui pembuatan peraturan, pelayanan perizinan, dan pelaksanaan inspeksi.

"Tujuan pengawasan tersebut adalah untuk terjaminnya kesejahteraan, keamanan, dan ketenteraman masyarakat serta menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja dan anggota masyarakat serta perlindungan terhadap lingkungan hidup," katanya.

Dalam kerangka mendorong iklim pengawasan tenaga nuklir yang efektif dan efisien serta memberikan rasa keadilan, akuntabilitas, dan integritas dalam pemanfaatan tenaga nuklir, maka selama pelaksanaan pengawasan harus dilakukan secara berimbang antara penghargaan dan sanksi kepada fasilitas yang termasuk dalam lingkup pengawasan Bapeten.

"Sebagai salah satu bentuk implementasi dari penghargaan dan apresiasi kepada segenap insan dan pemangku kepentingan yang telah berkontribusi dan berperan aktif dalam terwujudnya keselamatan dan keamanan nuklir dalam pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia, maka Bapeten menggelar perhelatan Anugerah Bapeten 2023," kata Zainal Arifin.