PN Sleman gelar sidang secara tatap muka pascapandemi

id PN Sleman ,Sidang tatap muka ,Sidang secara offline ,Sidang perkara ,Sleman

PN Sleman gelar sidang secara tatap muka pascapandemi

Ilustrasi - Seorang tahanan mengintip dari balik jendela kendaraan tahanan usai menjalani sidang. (ANTARA FOTO/Arsip Yusran Uccang)

Sleman (ANTARA) - Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali melaksanakan sidang perkara secara tatap muka atau luring setelah diberlakukan status endemi COVID-19.

"Mulai September ini, sidang perkara di PN Sleman akan kembali dilakukan secara offline, setelah beberapa tahun dilakukan secara online karena pandemi COVID-19," kata Humas PN Sleman Cahyono di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Senin.

Menurut Cahyono, PN Sleman Kelas 1A saat ini masih berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait lainnya, mulai dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sleman, Polresta Sleman, dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Sleman, terkait penyelenggaraan sidang secara tatap muka tersebut.

"Pelaksanaan sidang perkara di PN Sleman kan melibatkan banyak pemangku kepentingan terkait. Sehingga, ini terus kami koordinasikan untuk pelaksanaan sidang tatap muka," jelasnya.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Sleman Agung Wijayanto menyatakan pihaknya siap mendukung rencana PN Sleman yang akan kembali menggelar sidang secara tatap muka.

"Pandemi COVID-19 sudah mulai berangsur pulih dan berubah status menjadi endemi. Kami siap jika sidang akan kembali diselenggarakan secara tatap muka," kata Agung.

Dia menambahkan sebenarnya dalam beberapa waktu terakhir sudah mulai ada persidangan pidana secara tatap muka, namun sifatnya masih terbatas.

"Karena para tahanan tidak seluruhnya berada di Rutan Sleman; tahanan diklasifikasikan sesuai jenis kelamin, dewasa, anak-anak, tahanan narkotika, dan lain sebagainya," katanya.

Tahanan tersebut berada di Rutan Kelas II B Cebongan, Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta, Pakem Sleman, Rutan Kelas II B, serta Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II B di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

"Bisa jadi sidang secara tatap muka ini akan diperuntukkan bagi tahanan yang berada di Rutan Kelas II B Sleman," ujar Agung.

Kejari Sleman juga telah menyiapkan armada pengangkut tahanan berikut dengan tim pengawal tahanan terkait rencana sidang secara tatap muka di PN Sleman.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024