Prabowo: Kita dambakan kerukunan dan persatuan

id Prabowo Subianto,wacana dua poros,Pilpres 2024

Prabowo: Kita dambakan kerukunan dan persatuan

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto (kanan) didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (dua kanan) memberi keterangan kepada media selepas acara deklarasi dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (21/9/2023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyikapi wacana dua poros untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan menyatakan apa yang diinginkan seluruh warga Indonesia adalah persatuan dan kerukunan.

“Yang kita dambakan adalah selalu persatuan, kerukunan apapun yang terjadi kita harus rukun, kita harus sejuk, siapa pun yang diberi mandat oleh rakyat, kita hormati. Yang terbaik untuk rakyat, rakyat Indonesia ingin pemimpinnya rukun dan damai. Saya kira itu saja,” kata Prabowo saat ditemui selepas acara deklarasi Partai Demokrat mendukung Prabowo di Jakarta, Kamis.

Wacana terbentuknya dua poros itu muncul ketika peluang atas itu masih dibuka oleh elite PDI Perjuangan, partai yang saat ini mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden, sedangkan Prabowo sendiri saat ini juga merupakan bakal calon presiden untuk Pilpres 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan peluang Ganjar Pranowo berpasangan dengan Prabowo Subianto mungkin saja dalam dinamika politik Pilpres 2024.

"Ya, mungkin-mungkin saja, dinamika yang ada di politik ini selalu memungkinkan kami untuk selalu bersilaturahmi dan bertemu dengan sesama anak bangsa untuk bisa menyepakati hal-hal yang akhirnya kami sepakati bersama bahwa ini adalah yang terbaik bagi bangsa dan negara," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Walaupun demikian, dia menilai PDI Perjuangan melihat lebih dulu dinamika politik yang berkembang selama sebulan ke depan.

“Ya, kita lihat lagi bagaimana dinamikanya selama satu bulan ini, apakah kemudian bisa terjadi atau tidak terjadi, kan semua partai punya kalkulasi-nya," kata Puan.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat juga membuka peluang tersebut.

“Semua kemungkinan masih bisa, ya kan? Semua kemungkinan masih bisa," ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis.

Namun, Djarot mengaku dia belum mendengar ada pembahasan terkait wacana itu di internal PDIP.

Sejauh ini, ada tiga poros yang terbentuk, yaitu Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden. Koalisi Indonesia Maju terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, PRIMA, dan PSI.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo: "Apa yang didambakan adalah kerukunan, persatuan"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024