Elektabilitas Prabowo kalahkan Ganjar dan Anies

id Indonesia Survei Center,Chairul Pane, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, capres, Pemilu

Elektabilitas Prabowo kalahkan  Ganjar dan Anies

Peneliti Indonesia Survei Center (ISC) Chairul Pane. (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia Survei Center (ISC) merilis hasil survei terbaru yang menyatakan elektabilitas bakal calon presiden Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Prabowo mendapat 42,3 persen, Ganjar Pranowo 33,1 persen dan Anies Baswedan 20,4 persen. Lalu yang tidak menjawab 4,2 persen," kata peneliti ISC Chairul Pane saat pemaparan hasil survei secara daring di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan angka elektabilitas itu didapatkan dengan pertanyaan "jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, siapa calon presiden yang akan dipilih dengan simulasi tiga pasang calon?"

ISC juga melakukan simulasi head to head, yakni jika pemilihan presiden hanya dihadapkan dua pasangan calon, siapa yang paling unggul.

Berdasarkan jawaban responden, ketika Prabowo dihadapkan dengan Ganjar, hasilnya menang Prabowo dengan skor 51,4 persen berbanding 39,2 persen.

Sementara ketika Prabowo dihadapkan dengan Anies Baswedan, skor Prabowo juga lebih unggul, yakni 55 persen berbanding 35,1 persen.

"Prabowo masih berada di puncak elektabilitas untuk simulasi tiga capres dan simulasi head to head, baik dengan Ganjar ataupun Anies," ujarnya.

Selain itu, kata Chairul, ISC juga mengukur pemilih dari latar belakang kelompok organisasi kemasyarakatan. Sebanyak lima kategori yang disodorkan, yakni Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Salafiyah, bukan ormas Islam dan yang tidak bersedia menjawab.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei ISC: Elektabilitas Prabowo ungguli Ganjar dan Anies