"Budaya Sadar Bencana" edukasi generasi muda Indonesia

id Bnpb, pagelaran budaya sadar bencana gorontalo,Sadar bencana

"Budaya Sadar Bencana" edukasi generasi muda Indonesia

Performa drama musikal dari Sanggar Makuta pada acara Pagelaran Budaya Sadar Bencana Melalui Kearifan Lokal dengan tema _"Mopolayio Lipu"_ yang berarti Menjaga Negeri Lindungi Alam, diselenggarakan di Lapangan Taruna Nani Wartabone, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat (6/10/2023). (ANTARA/HO-BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar pagelaran Budaya Sadar Bencana di Kota Gorontalo, dengan harapan dapat mengedukasi generasi muda agar memahami kebudayaan yang berkaitan dengan aspek kebencanaan

Sekretaris Utama BNPB Rustian dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Sabtu, mengatakan Pagelaran Budaya Sadar Bencana Melalui Kearifan Lokal diselenggarakan dengan tema "Mopolayio Lipu" yang berarti Menjaga Negeri Lindungi Alam.

"Tidak hanya sekedar terhibur, namun sekaligus teredukasi mengenai kebencanaan khususnya bagi generasi muda," ujar Rustian.

Pertunjukan tersebut menyajikan beragam penampilan tarian tradisional serta drama musikal dengan melibatkan generasi muda yang tergabung dalam Sanggar Makuta di Lapangan Taruna Nani Wartabone, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat (6/10).

Rustian menjelaskan bahwa Provinsi Gorontalo memiliki potensi bencana banjir yang tinggi. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, telah terjadi 180 kali kejadian banjir yang menelan korban jiwa hingga lebih dari satu juta orang mengungsi.

Terlebih saat memasuki musim kemarau, Gorontalo juga menjadi wilayah terdampak bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan.

"Saat ini ada empat kabupaten di Gorontalo yang menetapkan status siaga darurat kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan, hal ini tentu menuntut kita semua untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap ancaman bencana," ucap Rustian.

Rustian turut mengingatkan bahwa bencana adalah peristiwa yang berulang. Ia berharap edukasi melalui budaya sadar bencana ini dapat melanjutkan tongkat estafet ketangguhan kepada generasi selanjutnya dalam menghadapi potensi bencana.

"Kami optimis dan berharap pesan-pesan mitigasi dan kesiapsiagaan dapat tersampaikan kepada generasi muda sehingga ketangguhan menghadapi bencana dapat selalu kita tumbuhkan dari generasi ke generasi," tuturnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pagelaran budaya sadar bencana Gorontalo edukasi generasi muda
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024