Teknologi dukung kemerdekaan pembelajaran di Indonesia

id Program PembaTIK,Teknologi digital,Digitalisasi pendidikan,guru pembatik,kemendikbudristek,implementasi kurikulum merdek

Teknologi dukung kemerdekaan pembelajaran di Indonesia

Tangkapan layar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam Kuliah Umum PembaTIK Level IV 2023 di Jakarta, Senin (9/10/2023). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan keberadaan teknologi digital telah mampu mendukung terwujudnya kemerdekaan dalam pembelajaran baik bagi pendidik maupun peserta didik.

“Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian untuk menciptakan berbagai inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam Kuliah Umum PembaTIK Level IV 2023 di Jakarta, Senin.

Nunuk menuturkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi medium untuk terciptanya berbagai model inovasi pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

Hal tersebut, menurutnya, membuat peserta didik merdeka untuk mengimplementasikan model pembelajaran sesuai yang mereka inginkan sehingga diharapkan prestasi peserta didik semakin baik.

Tak hanya itu, kata dia, keberadaan teknologi tersebut juga harus mampu membuat para pendidik semakin terpacu untuk bisa mengembangkan media-media atau model-model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Adanya pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini bisa mendorong pendidik berkreasi mengembangkan media-media pembelajaran,” ujarnya.

Senada dengan Nunuk, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan teknologi dapat dimanfaatkan bagi para pendidik untuk menggali potensi dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Salah satu upaya yang dilakukan Kemendikbudristek untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK adalah melalui program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek: Teknologi dukung dalam kemerdekaan pembelajaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024