Masyarakat diajak dukung pelajar penghayat kepercayaan di Indonesia

id Penghayat Kepercayaan

Masyarakat diajak dukung pelajar penghayat kepercayaan di Indonesia

Kepala Puspeka, Kemendikbudristek Rusprita Putri Utami dalam Webinar Forum Belajar Kebinekaan dengan tema Kenal Lebih Dekat dengan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Jakarta, Sabtu (14/10/2023). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mengajak seluruh masyarakat untuk busa mendukung para siswa penghayat kepercayaan yang kini banyak bersekolah di berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Puspeka Kemendikbudristek Rusprita Putri Utami menyatakan penghayat kepercayaan adalah sebuah istilah bagi sekelompok orang atau individu yang memegang teguh pada kepercayaan leluhur bangsa Indonesia yang sudah ada sejak nenek moyang terdahulu.

“Hingga saat ini kepercayaan yang masih eksis adalah Kejawen, Sunda Wiwitan, Kaharingan, Parmalim, Marapu, Mappurondo, dan lainnya,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Undang-undang Dasar 1945, Pasal 29 ayat (2) pun menjamin kebebasan setiap warga negara Indonesia untuk memeluk dan beribadah menurut agama dan kepercayaannya yang dipertegas Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 97/PUU-XIV/2016.

Rusprita menyebutkan saat ini terdapat 178 organisasi kepercayaan dan diperkirakan lebih dari 12 juta penganutnya namun yang baru terdaftar di Kementerian Dalam Negeri RI baru sebanyak 102 ribuan orang.

Sebagai bentuk komitmen dalam mencegah terjadinya intoleransi, Kemendikbudristek RI terus memberikan pemahaman secara masif tentang penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat.

“Saat ini terdapat kurang lebih 12 juta penghayat kepercayaan, 178 organisasi pusat dan 1.000 organisasi cabang,” kata Andi.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bambang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Jasmilawati mengatakan sekolahnya merupakan salah satu sekolah yang telah mengakomodasi peserta didik penghayat kepercayaan.

SMAN 1 Bambang sudah memiliki 35 orang alumni penghayat kepercayaan dan saat ini terdapat 24 peserta didik penghayat Mappurondo yaitu terdiri dari Kelas X sebanyak 12 orang, kelas XI sebanyak lima orang, dan kelas XII sebanyak tujuh orang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek ajak masyarakat dukung siswa penghayat kepercayaan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024