BCA hadirkan program Semarak Literasi tingkatkan kemampuan siswa

id bca,literasi

BCA hadirkan program Semarak Literasi tingkatkan kemampuan siswa

Ratusan siswa-siswi SMP dan SMA serta guru di Gunungkidul memenuhi aula pertemuan pada program Semarak Literasi, di bawah naungan Bakti BCA. (ANTARA/HO-BCA)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program CSR di bawah payung Bakti BCA menghadirkan program Semarak Literasi "Menyulam Cerita: Jelajahi Dunia Melalui Kata" sebagai sebuah inisiatif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Hadir dalam pembukaan program Semarak Literasi, di antaranya Vice President CSR BCA Krisbiakto Cahyo Adi, Kelompok Substansi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Sekolah Dasar Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Wasgiyanta, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul Tukiman, Kepala Balai Bahasa Yogyakarta Dwi Pratiwi, dan Kepala BCA KCP Wonosari FX Sani Bayuningrum, Rabu (18/10).

Vice President CSR BCA Krisbiakto Cahyo Adi mengatakan generasi muda adalah generasi penerus bangsa di masa depan dan pendidikan yang berkualitas merupakan dasar utama untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan yang berdaya saing dalam skala global.

"Bertepatan dengan Bulan Bahasa, Semarak Literasi kami hadirkan sebagai wujud komitmen BCA dalam upaya mendukung pendidikan berkualitas dan kecakapan literasi siswa-siswi di Indonesia," ujar Krisbiakto.

Menandai awal dari program Semarak Literasi yang diselenggarakan di SMAN 1 Karangmojo Gunungkidul, program ini terdiri dari serangkaian acara yang dimulai dengan Workshop Literasi Siswa dan Guru, dilanjutkan dengan Kompetisi Literasi, dan diakhiri dengan Festival Literasi.

"Membawa semangat #GenerasiPastiBisa, Semarak Literasi merupakan program berskala nasional yang akan dilaksanakan di beberapa wilayah lainnya seperti DKI Jakarta, Serang, Lampung, dan Jayapura, dengan target sebanyak 2.000 peserta," katanya.

Dalam pelaksanaannya di beberapa wilayah di Indonesia, inisiatif ini tidak hanya menciptakan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga sebagai jembatan yang menghubungkan semua pihak dalam upaya bersama untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif.

Semarak Literasi langkah kontribusi BCA dalam membangun ekosistem pendidikan yang lebih berkualitas, serta memberikan harapan dan peluang kepada generasi muda untuk mencapai potensinya sepenuhnya.

BCA berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, institusi pendidikan serta pegiat literasi di masing-masing daerah untuk memaksimalkan dampak yang diberikan, serta mengupayakan adanya keberlanjutan.

"Kami harap melalui program ini, BCA dapat berkontribusi dalam memajukan pembelajaran dan literasi di Indonesia." tutur Krisbiakto.

Kepala Balai Bahasa Yogyakarta Dwi Pratiwi mengatakan program ini tentu akan memberi dampak positif dalam kehidupan siswa dalam mengembangkan minat dalam membaca dan proses pembelajaran.

"Dengan dimulainya rangkaian acara Semarak Literasi, saya ucapkan terima kasih atas dukungan BCA dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa-siswa di wilayah ini," kata Dwi.