Dharma Wanita Sleman menyalurkan bantuan air bersih di wilayah kekeringan

id Bantuan air bersih ,Darma Wanita Sleman ,BPBD Sleman ,Dampak kekeringan ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Dharma Wanita Sleman menyalurkan bantuan air bersih di wilayah kekeringan

Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Sleman Parmilah Harda Kiswaya menyerahkan bantuan air bersih di wilayah Kalurahan Banyurejo, Tempel, Senin (23/10/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Sleman

Sleman (ANTARA) - Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyalurkan bantuan air bersih ke Dusun Tangisan, Banyurejo, Tempel, yang dilanda kekeringan akibat kemarau dan fenomena El Nino tahun ini, Senin.

"Bantuan ini merupakan respon terhadap kekurangan air bersih yang terjadi selama sebulan terakhir di wilayah ini," kata Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sleman Parmilah Harda Kiswaya di sela penyaluran bantuan.

Menurut dia, bantuan air bersih kali ini bertepatan dengan Hari Jadi Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sleman ke-24.

"Dharma Wanita Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman menyerahkan bantuan berupa air bersih ke Dusun Tangisan sebanyak 10 tanki air bersih. Semoga ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan keluarga," katanya.

Lurah Banyurejo Saparjo mengatakan lima padukuhan di wilayah Kalurahan Banyurejo, Kapanewon (Kecamatan) Tempel mengalami kekeringan dampak kemarau panjang, perbaikan saluran Selokan Mataram dan Selokan Van der Wijck yang mengakibatkan sumur warga mengalami kekeringan.

"Terdapat 500 jiwa di Kalurahan Banyurejo terdampak kekurangan air bersih setiap harinya," katanya.

Ia mengatakan untuk mengatasi dampak kekurangan air bersih itu, Kalurahan Banyurejo juga sudah bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Sleman dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO).

"BPBD Kabupaten Sleman dan BBWSSO rutin memberikan bantuan setiap hari sebanyak 30.000 liter air bersih untuk mengatasi kekeringan di Kalurahan Banyurejo," katanya.*
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024