Ratusan siswa PAUD hingga SD meriahkan Festival Anak Lereng Merapi

id Festival Anak ,Lereng Merapi ,Bupati Sleman ,Sleman ,Kabupaten Sleman

Ratusan siswa PAUD hingga SD meriahkan Festival Anak Lereng Merapi

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri Festival Anak Lereng Merapi di Kampoeng Mahoni Hargobinangun, Pakem, Selasa (24/10/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Sekitar 600 anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Dasar (SD) se-Kalurahan Hargobinagun dan sekitarnya memeriahkan Festival Anak Lereng Merapi yang digelar di Kampoeng Mahoni, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa.

Festival Anak Lereng Merapi yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi ke-77 Kalurahan Hargobinangun, Pakem, tersebut juga dihadiri Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Kustini dalam kesempatan tersebut berpesan bahwa pendidikan karakter sejak usia dini penting untuk ditanamkan kepada anak.

Menurut dia, usia kanak-kanak merupakan momen yang tepat untuk mengoptimalkan berbagai minat dan bakat anak agar maju berkembang menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulia, sehingga menjadi generasi penerus yang mampu mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045.

"Usia dini merupakan momentum golden age yang jika terlewatkan tidak akan dapat diulang kembali," katanya.

Ia mengatakan pemberian kesempatan dan pendidikan karakter sejak usia dini dapat mengoptimalkan kreativitas dan menentukan keberhasilan perkembangan anak selanjutnya.

"Melalui festival ini, diharapkan anak-anak tertarik untuk melestarikan budaya dan seni tradisional. Disamping itu melalui festival ini kami ajak masyarakat untuk ikut serta merasa handarbeni berbagai budaya dan seni tradisional," katanya.

Lurah Hargobinangun Amin Sarjito mengatakan Festival Anak Lereng Merapi merupakan rangkaian Hari Jadi ke-77 Hargobinangun, sekaligus upaya melibatkan seluruh kelompok masyarakat, termasuk anak-anak usia dini.

"Kami melibatkan seluruh warga, tidak terkecuali anak-anak kita, untuk lebih mengenalkan potensi keberagaman budaya di Hargobinangun dan Sleman. Mudah-mudahan anak-anak kita dapat meneruskan melestarikan budaya melalui festival ini," katanya.

Festival Anak Lereng Merapi dimeriahkan dengan dengan parade dari masing-masing SPS (Satuan PAUD Sejenis), TK, maupun SD, dilanjutkan penampilan tarian tradisional persembahan dari masing-masing kelompok.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024