Kesenian wayang di Indonesia tak bakal ketinggalan zaman

id Pepadi,Wayang,Hari Wayang Nasional

Kesenian wayang di Indonesia tak bakal ketinggalan zaman

Anggota Pepadi Nanang HP (kiri) dan Ketua Panitia Festival Dalang Anak Nasional Catur Yudianto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/10/2023) (ANTARA/Sean Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) optimistis kesenian wayang di Indonesia tidak akan tertinggal oleh zaman, karena memiliki nilai yang berlaku selamanya dan universal.

"Saya yakin nilai dari wayang tradisional tidak pernah ketinggalan zaman, karena sifatnya timeless dan universal, sehingga tidak pernah tertinggal oleh dunia yang semodern apapun," kata Anggota Pepadi Nanang HP dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Nanang menilai perubahan bentuk pada kesenian wayang bukanlah suatu permasalahan, selama perubahan tersebut juga diiringi dengan penguasaan terhadap wayang tradisional untuk menjaga nilai-nilainya.

Contohnya, kata dia, pada pagelaran wayang lengkap yang aslinya diadakan semalam suntuk mulai dari pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB. Menurut dia, pada era sekarang penyesuaian boleh dilakukan. Seperti menjadikan wayang sebagai sebuah pementasan berdurasi pendek agar lebih banyak anak muda yang tertarik.

Selain itu, dia menyebutkan wayang dapat diaplikasikan ke dalam bentuk apapun, seperti bentuk digital yang berupa animasi, selama tetap memiliki nilai moral yang sama seperti wayang tradisional.

"Tradisi itu seperti akar, tidak harus terlihat, tetapi mampu mempertahankan produk turunan wayang, seperti pohon yang menjulang tinggi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua IV Pepadi Catur Yudianto menyebutkan saat ini pihaknya sedang mengusahakan pelestarian kesenian wayang, salah satunya melalui pendekatan pada anak.

Pendekatan pada anak, kata dia, salah satunya melalui Festival Dalang Anak Nasional yang merupakan bagian dari Gebyar Hari Wayang Nasional 2023 yang akan diselenggarakan pada 2-4 November 2023.

"Saya istilahkan anak-anak itu ibarat kertas putih, bagaimana orang yang menulis. Mudah-mudahan melalui program ini kita mampu menciptakan dalang yang baik secara kualitas dan dapat menjadi panutan," ujar Catur yang juga Ketua Panitia Festival Dalang Anak Nasional.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pepadi optimistis kesenian wayang tidak akan ketinggalan zaman