Pedoman AI bikin tata kelola AI maksimal

id Panduan penggunaan AI ,Kecerdasan buatan ,Nezar Patria,kominfo,kemenkominfo

Pedoman AI bikin tata kelola AI maksimal

Ilustrasi kecerdasan buatan. (Pixabay/Geralt)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengatakan Surat Edaran Menteri Kominfo tentang Pedoman Etika Kecerdasan Artifisial (AI) yang saat ini sedang disusun akan membuat tata kelola AI lebih optimal.

Nezar menyebut surat edaran itu akan menjadi panduan etika untuk organisasi dan perusahaan yang menggunakan AI.

"Di dalamnya terkandung pengertian kecerdasan artifisial serta panduan umum nilai, etika, dan kontrol kegiatan konsultasi, analisis, dan pemrograman yang memanfaatkan kecerdasan artifisial," kata dia dalam sebuah konferensi di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Dia menuturkan, di ranah global, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menerbitkan "Recommendation on the Ethics of AI", yang kemudian diadopsi oleh 193 negara anggota sebagai kerangka Etika AI.


Dokumen UNESCO tersebut, kata dia, menjadi acuan pemerintah Indonesia untuk merancang tata kelola AI yang tetap mengutamakan aspek keamanan, proporsionalitas, transparansi, hak asasi manusia, kesetaraan, budaya, dan keberlanjutan di setiap tahapan sistem AI.

Nezar juga mencontohkan upaya pemerintah Singapura menggunakan Singapore’s Model AI Governance Framework untuk memastikan peran manusia dalam pemanfaatan AI.

China, kata dia, juga baru saja mengeluarkan regulasi terkait generative AI, dan mitigasi risiko AI terhadap ketidakstabilan sosial.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamenkominfo sebut pedoman AI buat tata kelola AI lebih optimal
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024