Sleman memberikan bantuan bedah warung kelontong keluarga miskin

id Bedah warung kelontong ,Warung tradisional ,Bupati Sleman ,Disperindag Sleman ,Kabupaten Sleman

Sleman memberikan bantuan bedah warung kelontong keluarga miskin

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara simbolis bantuan bedah warung kelontong bagi keluarga miskin, di Aula Pangripta Kantor Bappeda Sleman, DIY, Sabtu (25/11/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sĺelman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan bantuan sosial bedah warung kepada 68 pengelola warung kelontong dari keluarga miskin dan rentan miskin untuk mendukung warung tradisional yang layak dan naik kelas.

Bantuan yang diinisiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman ini diserahkan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kepada perwakilan penerima yang hadir, di Aula Pangripta Kantor Bappeda Sleman, Sabtu.

Kustini Sri Purnomo mengatakan, bantuan bedah warung ini dalam rangka pemenuhan warung yang layak kepada masyarakat miskin atau rentan miskin di Kabupaten Sleman.

"Bantuan yang diberikan menjadi wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Sleman terhadap pengelola warung kelontong atau tradisional," katanya.

Menurut dia, bantuan tersebut diupayakan dapat menarik pelanggan lebih banyak di warung kelontong yang khususnya dimiliki oleh pengelola dalam kategori kurang mampu.

"Untuk bantuan yang sudah diserahkan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Silakan dikelola warung yang dimiliki dengan semenarik mungkin, mulai dari kebersihannya, penataan, layanannya hingga manajemen administrasinya. Sehingga kami harap bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sleman," katanya pula.

Ia juga meminta agar pengelola dapat aktif memanfaatkan bantuan dengan menjaga kualitas usaha yang dimiliki.

"Dengan begitu, warung kelontong masyarakat Sleman tak kalah saing dengan minimarket jejaring," kata dia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan bantuan sosial bedah warung kelontong diserahkan kepada penerima yang masuk kriteria layak menerima bansos sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Sleman.

"Program bantuan ini telah selesai dilaksanakan. Untuk berikutnya akan dilanjutkan dengan tahap pemeliharaan," katanya.

Pada kesempatan ini, bantuan sosial bedah warung pada empat zona penerima, di antaranya Zona Sleman Tengah, Barat, Timur, dan Utara. Untuk masing-masing zona, diserahkan bantuan kepada 17 warung kelontong. Sehingga, total bantuan yang salurkan sebanyak 68 warung kelontong.

"Selain mendapat bantuan berupa bedah warung fisik, pengelola juga mendapatkan bantuan melalui pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan warung, pembinaan tata kelola, pencatatan keuangan sederhana, jejaring usaha dan motivasi usaha yang diperlukan pengelola warung kelontong," katanya pula.

Mae Rusmi menambahkan, juga terdapat bantuan dari Baznas Sleman berupa modal vocer belanja melalui program Warung Berkah Baznas.

"Bantuan tersebut diberikan kepada 35 pengelola warung yang masuk dalam syarat dan kriteria yang telah ditentukan. Dengan bantuan ini, masing-masing pengelola menerima voucher sebesar Rp3.000.000," katanya lagi.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024