Perkuat ketahanan budaya rakyat, keberadaan ruang-ruang ngopi

id Ketahanan budaya,Kemendikbudristek,ruang ngopi,budaya ngopi,warung kopi,budaya aceh,tari saman

Perkuat ketahanan budaya rakyat, keberadaan ruang-ruang ngopi

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Fitra Arda, dalam acara "Sosialisasi implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat berbasis kebudayaan" di Kota Banda Aceh pada Rabu (31/1/2024). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Banda Aceh (ANTARA) - Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda menyatakan ruang-ruang ngopi dimana masyarakat biasa saling bercengkerama dan berdiskusi dapat memperkuat ketahanan budaya rakyat di tengah derasnya arus digitalisasi.

Hal tersebut disampaikan Fitra saat menghadiri acara "Sosialisasi implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat berbasis kebudayaan" di Kota Banda Aceh pada Rabu.

"Ruang-ruang ngopi itu suasana khas dan kekuatan kita, di sana ada percakapan dan diskusi yang terus mengalir di tengah derasnya arus digitalisasi. Nanti akan kita kelola itu sebagai bentuk dari penguatan ketahanan budaya masyarakat kita," ujar Fitra.

Ia menjelaskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki tiga arah kebijakan baru. Pertama yakni prinsip pengarusutamaan, dimana budaya menjadi metode dalam pembangunan. Kedua, mengakui peran serta masyarakat dimana pemerintah hanya sekadar memfasilitasi, dan ketiga yakni memperkuat ekosistem kebudayaan.



"Ketahanan budaya di ruang-ruang kopi ini termasuk bagian dari memperkuat ekosistem kebudayaan. Kopi akan selalu menjadi bagian dari percakapan kita, ada keterpaduan antar komunitas di situ," katanya.

Ia menegaskan yang paling penting dari memperkuat ekosistem kebudayaan yakni membangun narasinya, bukan sekadar menghafalkan arti dari budaya itu apa.

"Indonesia Raya itu bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Jiwanya perlu dibangun dari narasi budaya, nilai-nilai di balik budaya. Tari Saman misalnya, dibaliknya ada pelajaran tentang manajemen, bagaimana orang itu agar bisa bergerak sama dan selaras menjadi satu kesatuan," ucapnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek: Ruang-ruang ngopi perkuat ketahanan budaya rakyat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024