WHO: Penyakit menular di kamp pengungsi Gaza naik

id who,pbb,penampungan,pengungsi,penyakit menular

WHO: Penyakit menular di kamp pengungsi Gaza naik

Arsip foto - Seorang anak perempuan terlihat di sebuah kamp yang berafiliasi dengan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 1 November 2023. (ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad/pri)

Jenewa (ANTARA) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa mengatakan ada pemberitahuan tren peningkatan penyakit menular di penampungan PBB di Gaza, mengutip data dari lembaga pengungsi Palestina PBB (UNRWA).

Menurut lembaga tersebut, lebih dari 1,1 juta orang mengungsi di fasilitas UNRWA.

Data tersebut menunjukkan "peningkatan besar-besaran" beberapa penyakit menular seperti diare, infeksi pernapasan akut, infeksi kulit, dan kondisi yang berkaitan dengan kebersihan seperti kutu, ungkap juru bicara WHO Margaret Harris pada konferensi pers PBB.

Pernyataan Harris mengacu pada peningkatan penyakit diare hingga 45 kali lipat dan diare berdarah hingga 14 kali lipat dibanding 2022.

Kondisi penampungan yang buruk seperti penuh sesak dengan keterbatasan air, makanan, dan bahan bakar menjadi faktor utama peningkatan luar biasa penyakit menular ini, kata dia.

Dia mengatakan pada Jumat, WHO melakukan misi penilaian ke tempat penampungan UNRWA di Gaza utara.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: WHO peringatkan peningkatan penyakit menular di kamp pengungsi Gaza
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024