Kulon Progo harapkan karang taruna terlibat program pengentasan kemiskinan

id Kulon Progo,Karang taruna

Kulon Progo harapkan karang taruna terlibat program pengentasan kemiskinan

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan karang taruna berperan aktif mendukung program-program pemerintah mulai dari penanganan stunting hingga pengentasan kemiskinan.

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti di Kulon Progo, Jumat, mengatakan keterlibatan karang taruna dalam mendukung penyelesaian program pemerintah dalam berbagai bidang seperti penurunan stunting, pengentasan kemiskinan dan lainnya dirasa sangat penting.

"Karang taruna dibentuk dari visi misinya yang secara garis besar membantu pemerintah untuk mengatasi permasalahan sosial di masyarakat," kata Ni Made.

Menurut dia, selain masalah sosial, karang taruna juga dapat melalukan banyak sekali, termasuk keterlibatan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.

Dengan kapasitas yang dimiliki Karang Taruna Kabupaten Kulon Progo, Ni Made yakin mampu bersama-sama pemkab dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi Kulon Progo sesuai dengan kapasitas dan tanggung jawabnya masing-masing.

"Walaupun sedikit itu sangat berarti ketika dibuat secara bersama-sama, inikan dari seluruh kapanewon yang ada di Kulon Progo saya kira kalau kita sama-sama bersatu, kemudian sama-sama mempunyai misi dan visi yang sudah ditetapkan dan dijalankan dengan penuh pengabdian dan keikhlasan saya kira itu akan jadi bagian penting dari kemajuan bangsa," katanya.

Ni Made menambahkan tak hanya berperan dalam mengatasi persoalan sosial, karang taruna juga mampu menjadi solusi dalam membangun generasi muda, karena ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan lewat organisasi ini.

"Generasi muda harus aktif dalam pembangunan sesuai bidangnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kulon Progo Tamyus Rochman mengatakan di Kabupaten Kulon Progo terdapat lebih dari 934 karang taruna yang jumlah anggota tiap kepengurusannya beragam. Penguatan ini diperlukan agar Karang Taruna menjadi lebih kompak, berkembang dan terus melaksanakan kegiatan yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami juga berharap generasi muda di Kulon Progo bergabung ke Karang Taruna karena bisa melakukan berbagai kegiatan positif," kata Tamyus.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024