Ganjar "live" TikTok tanya kesehatan mental

id Ganjar Pranowo,Kampanye Ganjar,Masa Kampanye,Kesehatan Mental,Live TikTok,Pemilu 2024,pilpres 2024

Ganjar "live" TikTok tanya kesehatan mental

Tangkapan layar - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat melakukan siaran langsung atau live di media sosial TikTok seperti dipantau dari Jakarta, Jumat (5/1/2024) malam. (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanyakan permasalahan kesehatan mental saat melakukan siaran langsung atau live di media sosial TikTok pada malam hari kampanye ke-39, Jumat (5/1).

Ganjar menanyakan soal kesehatan mental kepada Yudha, seorang pengguna TikTok, yang diberikan kesempatan untuk berbicang secara langsung dengan dirinya. Yudha memperkenalkan dirinya sebagai mahasiswa di Universitas Islam Negeri Salatiga, Jawa Tengah.

"Saya mau nanya dong sebelum kamu nanya. Kenapa banyak sekarang anak-anak muda sering bertanya soal kesehatan mental? Itu sebenarnya kenapa? Ini kan Mas Yudha mewakili anak-anak muda ya," kata Ganjar saat melakukan siaran langsung yang dipantau dari Jakarta, Jumat (5/1) malam.

Yudha kemudian mengonfirmasikan ulang kepada Ganjar terkait pertanyaan yang diajukan oleh pasangan calon wakil presiden Mahfud Md tersebut.

"Untuk masalah kesehatan mental ya, Pak?" tanya Yudha.

Mantan Gubernur Jawa Tengah selama dua periode tersebut kemudian menanyakan kembali pertanyaannya kepada Yudha.

"Bertanya soal itu, apakah ada tekanan mental kejiwaan gitu?" tanya Ganjar.

Menurut dia, anak-anak muda saat ini kemungkinan memiliki tekanan mental dari berbagai sisi. Yudha mencontohkan dari orang tua, masyarakat, atau pendidikan.

"Jadi itu hal yang wajar bagi mereka untuk menanyakan tentang kesehatan mental itu, Pak. Ya memang kesehatan mental ini sangat harus diawasi, Pak, harus banyak penelitian tentang kesehatan mental," kata Yudha.

Ganjar kemudian menanyakan Yudha mengenai pihak-pihak yang menjadi tempat konsultasi untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental tersebut.

"Biasanya kalau teman-temanmu ada tekanan-tekanan mental, batin begitu ya, stres gitu ya, itu konsultasinya ke siapa biasanya?" tanya Ganjar.

Yudha menjelaskan bahwa teman-temannya melakukan konsultasi ke psikolog maupun psikiater secara langsung untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental. Salah satunya, kata dia, dengan memanfaatkan fasilitas kampus.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Malam hari kampanye ke-39, Ganjar live TikTok tanya kesehatan mental