Presiden Jokowi letakkan batu pertama pembangunan Super Hub Logistik Nusantara

id Presiden Jokowi,Nusantara Logistic Hub, IKN, PT Pos Indonesia, Bina Karya Persero, groundbreaking IKN

Presiden Jokowi letakkan batu pertama pembangunan Super Hub Logistik Nusantara

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam agenda Groundbreaking Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meletakkan batu pertama pembangunan Super Hub Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan memperkuat rantai pasok domestik di Indonesia.

"Saya menyambut baik peluncuran Nusantara Logistic Hub and Services yang merupakan kerja sama antara Pos Indonesia dengan PT Bina Karya Persero di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam agenda Groundbreaking Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi mengatakan proyek yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu akan mendukung keberadaan IKN sebagai super hub melalui kehadiran jasa logistik di IKN yang kini sangat dibutuhkan.

Ia mengatakan Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia akan berkontribusi secara signifikan memicu kekuatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN tapi juga di berbagai kawasan di Indonesia.

"Jalan kalau kita lihat padatnya kegiatan yang ada di sini dan semakin banyaknya aktivitas pergerakan orang, pergerakan barang, terutama ke IKN, dari dan ke IKN. Apalagi menjelang penyiapan beroperasinya berbagai usaha, berbagai kantor-kantor yang berada di IKN," katanya.

Presiden Jokowi berharap Nusantara Logistic Hub and Services akan berkontribusi membuat biaya logistik semakin terjangkau, mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia.

Sebelumnya dalam agenda yang sama, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faisal Rahmad Jumadi mengatakan Nusantara Logistic Hub Pos Indonesia dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp350 miliar.

Anggaran tersebut difokuskan untuk membangun green logistic hub yang didukung teknologi terbaru, antara lain delivery robotic, advance robotic sorting machine dan utilisasi operasional logistik menggunakan electric vehicle.

"IKN akan menjadi super hub atau penghubung arus perdagangan dari kawasan barat dan timur Indonesia," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi letakkan batu pertama pembangunan Super Hub Logistik Nusantara
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024