Indonesia dapat hibah Rp4,6 triliun guna eliminasi HIV-TBC

id Global Fund, Kemenkes, HIV, Malaria, TBC, Transformasi Kesehatan

Indonesia dapat hibah Rp4,6 triliun guna eliminasi HIV-TBC

Menteri Kesehatan RI. Udi Gunadi Sadikin (dua dari kanan) saat menghadiri seremonial penyerahan dana hibah melalui kick off implementasi dana hibah The Global Fund untuk program AIDS, TBC, dan Malaria serta penguatan sistem kesehatan di Auditorium dr Herman Susilo Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Hang Jebat, Jakarta pada Rabu (17/1/2024). (ANTARA/HO-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia memperoleh dana hibah senilai Rp309 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp4,6 triliun dari The Global Fund untuk eliminasi HIV dan TBC serta malaria untuk periode anggaran 2024 hingga 2026.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI di Jakarta, Kamis, mengemukakan keberadaan The Global Fund merupakan bentuk komitmen kuat dari seluruh elemen masyarakat dunia bersama pemerintah mewujudkan eliminasi HIV, TBC, dan malaria di seluruh negara.



"Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah membantu program Global Fund seluruh komponen baik itu pemerintah, pemerintah daerah maupun lembaga sosial yang telah membantu kita,” katanya.

Ia mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang menerima dukungan The Global Fund untuk mencapai target eliminasi HIV, TBC dan malaria pada 2030.

Seremonial penyerahan dana hibah itu ditandai dengan kick off implementasi dana hibah The Global Fund untuk program AIDS, TBC, dan Malaria serta penguatan sistem kesehatan di Auditorium dr Herman Susilo Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Hang Jebat, Jakarta pada Rabu (17/1).

Dana hibah tersebut terdiri atas komponen penanggulangan AIDS sebesar 103,7 juta dolar AS atau setara Rp1,5 triliun, komponen TBC sebesar 126 juta dolar AS atau setara Rp2,3 triliun, komponen malaria sebesar 35,6 juta dolar AS atau setara Rp539 miliar dan sisanya senilai 14,4 juta dolar AS setara Rp218 miliar untuk program penguatan sistem kesehatan.

Dari total 309 juta dolar AS dana hibah itu, senilai 211,1 juta dolar AS di antaranya dikelola oleh Kemenkes dan 98,6 juta dolar AS dikelola oleh pihak komunitas.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI terima hibah Rp4,6 triliun untuk eliminasi HIV dan TBC