Muhaimin ingatkan pesan pendiri NU soal petani

id debat cawapres,debat pilpres,cak imin,petani,Debat Keempat Cawapres,Pemilu 2024,Muhaimin Iskandar

Muhaimin ingatkan pesan pendiri NU soal petani

Pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar melambaikan tangan saat menghadiri Paku Integritas di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa)

Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengingatkan kembali pesan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari tentang petani sebagai penolong negeri.

"Petani adalah penolong negeri, akan tetapi hari ini kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan," kata Muhaimin saat Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu malam.

Dia menjelaskan pengabaian terhadap nasib petani itu terbukti dalam sensus pertanian yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), di mana dalam 10 tahun terakhir tercatat jumlah petani gurem atau yang mempunyai lahan kurang dari setengah hektar mencapai angka 16 juta rumah tangga.

"Sementara ada seseorang yang memiliki tanah hampir 500 ribu hektar, sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya," tambah ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa itu.



Pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengusung visi, misi, dan program kerja dengan tema besar Indonesia Adil Makmur untuk Semua. Misi AMIN dituangkan dalam delapan jalan perubahan.

Pada misi pertama, AMIN ingin memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air.

Untuk mewujudkan misi itu, salah satunya dilakukan melalui kemandirian pangan dengan memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga pupuk, bibit, pestisida, pakan ternak, dan obat-obatan pertanian.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Debat cawapres, Muhaimin ingatkan pesan pendiri NU soal petani
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024