504 daerah di Indonesia implementasikan Merdeka Belajar

id Merdeka belajar,Transisi PAUD SD,Kemendikbudristek

504 daerah di Indonesia implementasikan Merdeka Belajar

Tangkapan layar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa (30/1/2024). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan sebanyak 504 kabupaten/kota di Indonesia saat ini telah mengimplementasikan Merdeka Belajar Episode Ke-24 mengenai transisi PAUD ke SD/MI/sederajat yang menyenangkan.

"Kami menyebarkan surat edaran terkait gerakan ini dan telah diimplementasikan oleh lebih dari 502 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa.

Iwan menuturkan salah satu program Merdeka Belajar ini merupakan bentuk dari transformasi pendidikan yang sangat penting terutama untuk membangun fondasi kokoh bagi anak-anak usia dini dalam mempersiapkan masa depan cerah.

Ia menjelaskan masa transisi dari PAUD ke SD atau MI merupakan momen penting bagi perkembangan anak-anak sehingga perlu dipastikan bahwa proses pendidikan yang ditempuh oleh mereka berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Pemerintah sendiri mendorong implementasi kebijakan Transisi dari PAUD ke SD yang Menyenangkan ini sejak 2023 seperti melalui rangkaian rapat koordinasi bersama dinas, pembinaan teknis bagi Pokja Bunda PAUD, hingga mengajak berbagai mitra.

Kebijakan itu memiliki tiga target yaitu menghilangkan tes calistung saat penerimaan siswa baru, menerapkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), serta satuan PAUD dan SD menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan untuk membangun kemampuan fondasi.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024