Hati-hati, dua hari kedepan beberapa daerah rawan longsor akibat hujan deras

id BNPB, Tanah Longsor, Hujan Deras,BMKG,bencana longsor,longsor sibolga

Hati-hati, dua hari kedepan beberapa daerah rawan longsor akibat hujan deras

Bencana tanah longsor yang terjadi di Jalan Lintas Perbatasan Tapanuli Utara dan Tapanuli Tenggah Sumatera Utara, Sabtu (3/2/2024), mengakibatkan tiga orang meninggal dalam peristiwa naas tersebut. ANTARA/HO-Humas Polres Tapanuli Utara/am. (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga di sejumlah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terkait potensi peningkatan intensitas hujan yang dapat berdampak tanah longsor dalam dua hingga tiga hari ke depan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Selasa, mengatakan daerah yang berpotensi peningkatan intensitas hujan itu antara lain di Jawa Barat (Cirebon, Majalengka), Jawa Tengah (Batang, Kendal, Pekalongan), dan Sumatera Utara (Sibolga).

Selanjutnya sebagian besar kota di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, Papua, serta Sumatera bagian barat dan bagian selatan yang diperkirakan mengalami peningkatan intensitas hujan dan berpotensi terjadi tanah longsor.

Ia menyebutkan daftar tersebut didapatkan merujuk analisis prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk dasarian pertama Februari 2024.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB: Sejumlah daerah berpotensi longsor akibat hujan 2-3 hari kedepan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024