Perpusnas bangun 10.000 perpustakaan desa di Indonesia

id Perpusnas,Perpustakaan Desa,Kalsel,Banjarmasin,Dispersip Kalsel,E Aminudin Aziz ,Perpusatakaan,Perpusatakaan Sekolah,Bal

Perpusnas bangun 10.000 perpustakaan desa di Indonesia

Plt Kepala Perpusnas RI E Aminudin Aziz (tengah) saat memberikan keterangan usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan se-Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin, Kamis (15/2/2024) malam. ANTARA/Tumpal Andani Aritonang.

Banjarmasin (ANTARA) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI membangun sebanyak 10.000 perpustakaan desa yang tersebar di seluruh provinsi se-Indonesia pada tahun anggaran 2024.

“Perpustakaan desa untuk meningkatkan literasi baca masyarakat khususnya pelajar di perdesaan yang sulit mendapatkan sarana dan prasarana perpustakaan,” kata Plt Kepala Perpusnas RI E Aminudin Aziz usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan se-Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin, Kamis malam.

Dia menjelaskan, perpustakaan ini disebar di 10.000 tempat, nantinya desa akan menugaskan orang untuk mengelola perpustakaan ini.

Sain itu, perpustakaan desa akan didukung beberapa program seperti Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di 600 lokasi yang terpilih, kemudian taman baca masyarakat (TBM).

“Di perpustakaan ini akan diajarkan bagaimana cara membaca nyaring, mendongeng, membuat ulasan, termasuk menulis laporan,” katanya.

Aminudin juga menjelaskan, meskipun perpustakaan desa berbeda tempat dengan perpustakaan sekolah, namun kedua perpustakaan itu harus berkolaborasi saling bertukar literasi agar pengguna fasilitas tidak bosan dengan fasilitas buku yang ada.




 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024