Pemerintah dorong investasi berwawasan lingkungan di Indonesia

id klhk,investasi hijau,dekarbonisasi,perdagangan karbon,svlk,amdal investasi,pembangunan berkelanjutan

Pemerintah dorong investasi berwawasan lingkungan di Indonesia

Dirjen PHL KLHK Agus Justianto (keempat kanan) ketika membuka seminar dalam rangka HPN di Jakarta, Minggu (18/2) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Agus Justianto mengatakan pemerintah terus mendorong investasi berwawasan lingkungan untuk mencapai transisi dan dekarbonisasi guna memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

"Pemerintah bersama para pihak, terutama dunia usaha, akan terus mendorong investasi untuk transisi dan dekarbonisasi sektor energi menjadi jalan pembentuk peradaban pembangunan Indonesia yang berkelanjutan serta peluang investasi lainnya berwawasan lingkungan," jelas Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (PLH) KLHK Agus Justianto membuka seminar dalam rangka Hari Pers Nasional di Jakarta, Minggu.

Untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan pemerintah juga akan memperkuat aspek perencanaan dan pengendalian, salah satunya melalui sistem informasi dokumen lingkungan hidup, Amdalnet. Persetujuan lingkungan atau yang dikenal Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) menjadi salah satu persyaratan penting dalam pemenuhan perizinan berusaha.

Agus menjelaskan pemerintah juga terus meningkatkan peluang nilai ekonomi karbon untuk mengendalikan emisi gas rumah kaca dalam pembangunan nasional. Pasar karbon dan nilai ekonomi karbon akan menjadi bagian dari upaya penanganan isu perubahan iklim.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah pacu investasi berwawasan lingkungan, dukung dekarbonisasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024