Eko Suwanto: Guru harus mampu tanamkan rasa cinta tanah air

id DPRD DIY

Eko Suwanto: Guru harus mampu tanamkan rasa cinta tanah air

Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto mengatakan sosok guru di era masa kini harus mampu menanamkan rasa cinta tanah air, bangsa, dan negara kepada siswanya. 

"Guru adalah pahlawan bagi bangsa Indonesia maka pemerintah perlu pastikan kesejahteraan guru," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan, Sabtu. 

Dia mengatakan guru sebagai tenaga pendidik berperan penting dalam proses pendidikan guna membangun jati diri dan karakter bangsa. 

Karena itu, pemerintah didorong memberikan perhatian penuh terutama untuk kesejahteraan guru sebagai pahlawan bangsa.

Dia berharap guru masa kini dapat menjalankan keteladanan Ki Hadjar Dewantara sebagai pamong sekaligus pendidik yang menjalankan pendidikan bukan semata mengedepankan aspek kognitif tetapi juga moral, emosional, dan fisik.

"Tentu saja budi pekerti bangun karakter anak didik," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Selain itu, menurut Eko, guru di era globalisasi perlu memilki pemahaman kuat mengenai literasi digital karena mereka harus menghadapi siswa yang lekat dengan gadget. 

"Hari ini, kita berhadapan dengan anak-anak generasi Z, yang waktunya dihabiskan di depan  gadget. Guru di sekolah penting juga dibekali  pemahaman  kesadaran literasi digital, berikan  ruang curhat untuk anak-anak," kata dia.