Kendaraan listrik melonjak, sepeda motor naik 262 persen

id Kemenperin,Kendaraan listrik,KBLBB

Kendaraan listrik melonjak, sepeda motor naik 262 persen

Ilustrasi - Kendaraan listrik. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian mencatat populasi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) meningkat pesat pada 2023, dengan penambahan roda dua mencapai 262 persen.

 

Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Hendro Martono, mengatakan jumlah kendaraan listrik roda dua bertambah dari 17 ribu pada 2022 menjadi 62 ribu pada 2023.

 

“Peningkatan ini salah satunya berkat kesuksesan program bantuan pemerintah untuk pembelian KBLBB roda dua,” ujar Hendro dalam sosialisasi insentif dalam rangka percepatan investasi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Jakarta, Jumat.

 

Insentif yang diberikan pemerintah kepada konsumen yang membeli kendaraan listrik roda dua adalah potongan Rp7 juta per unit.

 

Sementara itu, penambahan populasi kendaraan listrik roda empat pada 2023 meningkat 43 persen. Ia menyebut ada peningkatan dari 8.000 unit pada 2022 menjadi 12 ribu unit pada tahun lalu.

 

Namun, Hendro menilai meskipun pemerintah telah mengeluarkan berbagai insentif, penambahan ini belum cukup untuk meningkatkan jumlah KBLBB.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Populasi kendaraan listrik meningkat, roda dua naik 262 persen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024